HUBUNGAN ANTARA “SELF ESTEEM†DENGAN DERAJAT STRES PADA SISWA AKSELERASI SDN BANJARSARI 1 BANDUNG
Abstract
Kelas akselerasi merupakan bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan
bagi siswa dengan kecerdasan dan kemampuan yang luar biasa untuk dapat
menyelesaikan pendidikan lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Salah
satunya adalah SDN Banjarsari I Bandung yang telah memberlakukan program
akselerasi pertama kali pada tahun 2000. Siswa dituntut untuk selalu
mempertahankan prestasi yang terbaik. Sekolah dan orang tua selalu ingingkan
mereka untuk berprestasi lebih baik menjadi beban pada beberapa siswa. Apabila
mereka tidak bisa memenuhi tuntutan dari sekolah dan orang tua menyebabkan
mereka merasa diri mereka gagal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan antara Self esteem dengan Derajat Stres pada Siswa Akselerasi SDN
Banjarsari I Bandung. Data yang diperoleh berupa data ordinal dan menggunakan
uji korelasi rank Spearman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
korelasional. Subyek penelitian ini siswa akselerasi kelas 5 SDN Banjarsari I
Bandung berjumlah 32 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner
berdasarkan teori Lazarus dengan 15 item yang valid dan realibilitas 0,705 serta
Self Esteem Inventory (SEI) dari Coopersmith dengan 40 item yang valid dan
realibilitas 0,690. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh rs=-0.471.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self esteem siswa maka
semakin rendah derajat stres siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta.
Coopersmith, Stenley. 1967. The Antecendents of Self-esteem.San Francisco: Freeman
and Company.
Gadzella, Masten. 2005 dalam Fauzia Fitri, Hubungan Antara Stres dengan Perilaku
Merokok pada Mahasiswa Laki-Laki Perokok FPTK dan FPOK UPI, 2011
(Skripsi UPI)
Lazarus. Richard S Folkman, Susan. 1984. Stress, Appraisal, and Coping.
New York : Springer Publishing Company.
Siegel, Sidney. 1997. Statistik Non Parametrik : Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan
ketujuh. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Soutern, Jones, dalam Rini Hubungan Antara Stres Akademik dan Strategi
Pengelolaannya Terhadap Siswa SMP Program Kelas Akselerasi dan Kelas
Reguler, 2010
Tad. 2003 dalam Rini Stres Akademik dan Strategi Pengelolalaanya Terhadap Siswa
SMP Program Akselerasi dan Kelas Reguler, 2010
Munandar, Utami. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka
Cipta
Abdurachman, Mama. 2005. Kelas Akselerasi Program Utama SDN Banjarsari .
Available at: www.detik.com (Diakses 21 Desember 2011)
Indonesia, Gifted. 2008. Karakteristik Anak Berbakat. Available at:
www.giftedindonesia.wordpres.com (Diakses 6 Juni 2012)
Novita, Widya. 2010. Pengertian Self Esteem. Available at:
www.widyanovota.wordpress.com (Diakses 3 Januari 2012)
Sulipan. 2010. Pedoman Penyelenggaraan Program CI+BI (Program Akselerasi).
Available at: www.sulipan.wordpress.con (Diakses pada 25 Mei 2012)
Quаrtеrly, Giftеd Child. 1985. Sеlf-Concеpt, Sеlf-еstееm, аnd Pееr Rеlаtions
аmong Giftеd Childrеn Who Fееl Diffеrеnt., vol.29, no.2 Available at:
www.gigapedia.com (Diakses pada 3 januari 2012)