STUDI MENGENAI “SELF REGULATION†PADA SISWA KELAS XI DI KELAS IQ SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

Eni Nuraeni Nugrahawati, Yuaninta Sari, Delis Irmawati

Abstract


Di kelas IQ SMA Pasundan 1 Bandung, terdapat siswa yang memiliki nilai
dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) padahal mereka memiliki IQ diatas
rata-rata. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memiliki
prestasi yang optimal selain inteligensi yaitu kepribadian dan lingkungan. Self
regulation turut mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi yang
optimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk meneliti self regulation
siswa yang memiliki IQ diatas rata-rata. Metode yang digunakan yaitu metode
deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 32 siswa di kelas IQ di SMA Pasundan 1
Bandung. Pengumpulan data menggunakan alat ukur self regulation berdasarkan
teori Zimmerman. Hasilnya menunjukkan bahwa 68.7% siswa memiliki self
regulation yang rendah. Berdasarkan fase self regulation diperoleh hasil bahwa
65.6% siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam melakukan perencanaan
(forethought), 65.6% siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam melaksanakan
rencana (performance) dan 68.7% siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam
melakukan evaluasi dari tindakan dan rencana yang telah disusun sebelumnya (self
reflection).

Keywords


Self Regulation, Kelas IQ

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. 1989. Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta:

Universitas Gajah Mada.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boekaerts, Monique; Paul R. Pintrich; Moshe Zeidner. 2000. Handbook of Self

Regulation. USA: Academic Press.

Hurlock, Elizabeth B. Alih Bahasa oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. 1992. Psikologi

Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga:

Jakarta

Noor Hasanuddin. 2009. Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku.

Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.

Prayogo, Andhany. 2010. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi, Regulasi Diri

Dengan Penyesuaian Diri di Bidang Akademik Pada Pengurus OSIS Periode

-2010 di SMAN 3 Cimahi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Rahmatanti, Dwie. 2011. Studi Mengenai Self Regulation pada Mahasiswa

Underachiever di Fakultas Psikologi UNISBA. Bandung: Universitas Islam

Bandung.

Rienaldi, Rizky. 2007. Hubungan Antara Self Regulation Dengan Prestasi Akademik

pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA yang Lulus Dalam ≤ 4,5 Tahun.

Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sumber Internet:

Pentingnya pendidikan dalam membangun sumber daya manusia. Diunduh pada tanggal

April 2012 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia

Visi-misi SMA Pasundan 1 Bandung. Diunduh pada tanggal 5 April 2012 dari

http://www.smapasundan1bdg.sch.id/visi-misi

Tujuan SMA Pasundan 1 Bandung. Diunduh pada tanggal 5 April 2012 dari

http://www.smapasundan1bdg.sch.id/tujuan

Winkel. 1997. Hakikat Inteligensi. Diunduh pada tanggal 5 April 2012 dari

http://ma1annuqayah.sch.id/berita-194-mengapa-kecerdasan-emosional-itupenting.

html.