PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP HARGA SAHAM PADA BANK UMUM MILIK PEMERINTAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010 - 2013

Budi Rustandi Kartawinata

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari tingkat kesehatan bank terhadap harga saham pada bank umum milik pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Industri perbankan di Indonesia masih terus berkembang, ditandai dengan tingkat pertumbuhan aset yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2013, industri perbankan mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 15%. Dari pertumbuhan aset sebesar 15% ini, bank umum milik pemerintah menyumbang pertumbuhan sangat besar. Total ada sebesar 1000 trilyun lebih total jumlah aset bank umum milik pemerintah. Bertumbuhnya industri perbankan seharusnya sejalan dengan semakin tingginya tingkat kesehatan bank yang ditandai dengan beberapa rasio diantaranya CAR, KAP, BOPO, dan LDR. Semakin sehat kondisi suatu bank, maka akan meningkatkan tingkat kepercayaan nasabah, semakin tinggi tingkat kepercayaan nasabah, maka semakin tinggi pula minat para investor untuk menjadi pemilik saham bank tersebut. Peneltiian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data panel dengan tujuan mengetahu manakah indikator yang paling mempengaruhi terhadap perubahan harga saham bank umum milik oemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013.dari penelitian ini dihasilkan bahwa rasio BOPO berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan indikator yang lainnya tidak berpengaruh sama sekali terhadap perubahan harga saham.

Keywords


bank, pertumbuhan, aset, investor

Full Text:

PDF

References


Arifin, Johar. 2004. Analisis Laporan Keuangan Berbasis Komputer. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Asnawi, Said Kelana dan Chandra Wijaya. 2006. Metodologi Penelitian Keuangan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Brealey, Richard A. And Myers, Stewart C.2004 , Principles of Corporate Finance, 7th edition. Mc Graw Hill.USA.

Nasution, Umar M. Analisis Penagruh Rasio CAMEL terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Palepu, Krishna G.et all. 2003.Business Analysis and Valuation : Using Fnancial Statements. 3rd edition. Thomsin South Western . United States Of America.

Puwasih, Ratna. 2010. Pengaruh Rasio CAMEL Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Perbankan Yang Go Public di Bursa Efek IndonesiaTahun 2006-2008.Universitas Diponegoro. Semarang.

Sekaran, Uma. and Bougie, Roger. 2010. “Research Methods fo Business: A Sill Building Approachâ€, 5th Edition. Southern Gate: John Willey & Sons.

Slater, F.S., and Narver, C. J. 1995. Market Orientation and The Learning Organization. Journal of Marketing, Vol. 59.

Smith, J Brok. and Colgate, Mark. 2007. “Customer Value Creation: A Practical Framework.†Journal of Marketing Theory & Practice, Vol 15, No. 1, p 7-23

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulaga, Wolfgang. 2001. “Customer Value in Business Market.†Industrial Marketing Management, No 30, p 315-319

Zikmund, G. William. Babin, J. Barry. Carr C. John. and Griffin, Mitch. 2010. “Business Research Methodsâ€, 8th Edition. New York: Cengange.