POLA PERAN PENGASUHAN AYAH DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL MASA KANAK-KANAK (STUDI DESKRIPTIF PADA DOSEN LAKI-LAKI DI UNIVERSITAS BINA DARMA)

Itryah Itryah

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pola dan peran pengasuhan ayah dalam perkembangan sosial-emosional masa kanak-kanak. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen laki-laki di Universitas Bina Darma Palembang. Penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah jenis pola asuh orangtua kepada anak ada tiga macam yaitu demokratis, otoriter, dan laissez faire. Responden cenderung menggunakan pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis ditandai dengan dorongan orangtua untuk anak, perhatian orangtua kepada anak. Ayah memiliki peranan yang baik dalam mengasuh dan mencoba untuk merawat, menanamkan perilaku, dan mencukupi kebutuhan anaknya dengan baik. Dengan pola asuh yang demokratis dan peran ayah yang baik dalam pengasuhan maka perkembangan sosial emosional anak berkembang dengan baik, mampu merespons emosi dan berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan orang lain dengan percaya diri serta komunikatif.

Keywords


Pola peran pengasuhan, perkembangan sosial emosional

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Doherty WJ, Kauneski EF, Erickson MF. Responsible Fathering. An Overview and Conceptual Framework. Journal of Marriage and The Family; 1998.

Hurlock BE. Perkembangan anak jilid 2.Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga; 1993.

Hardy M, Heyes S. Terj. Soenardji, Pengantar Psikologi. Edisi ke-2. Jakarta : Erlangga; 1986, h. 131

Lamb ME (ed). The Role of The Father in Child Development. Second edition. New York : John Wiley & Sons; 1981.

Palkovitz R. Involved fathering and child development: Advancing our understanding of good fathering. In C. S. Tamis-LeMonda & N. Cabrera (Eds.), Handbook of father involvement: Multidisicplinary perspectives (pp. 119 – 140). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates; 2002.

Suryadilaga. Peran laki-laki dalam pendidikan keluarga. 2011 http://suryadilaga.wordpress.com

Yusuf S. Psikologi Perkembangan anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2001.