ANALISIS DAN EVALUASI TERHADAP KURIKULUM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Nan Rahminawati, Agus Halimi, Imam Pamungkas

Abstract


Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai perguruan tinggi Islam swasta di kota Bandung telah menunjukkan kekhasan dalam menetapkan kurikulumnya yakni dengan diberlakukannya mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mata kuliah wajib institusional yang ditetapkan melalui Peraturan Rektor Unisba No 043/A2/SK/Rek/IV/2011. Peraturan tersebut diperkuat dengan pasal 37 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, ayat (2) menyatakan bahwa: “kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat: (a) pendidikan agama; (b) pendidikan kewarganegaraan; dan (c) bahasaâ€. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskanlah pertanyaan penelitian berikut: Bagaimana profil lulusan, capaian pembelajaran, materi kajian, dan Rumusan Pembelajaran Semester yang ditetapkan/dirumuskan untuk mata kuliah PAI I-VII Universita Islam Bandung ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, dengan teknik analisis dokumen.

Keywords


Analisis Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, KKNI

Full Text:

PDF

References


Bogdan RC dan Biklen SK. (1992). Quialitative Research for Education. Allyn and Bacon Inc, Boston.

Daulay, Haidar Putra. (2007) Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Prenada Media, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta

Lincoln,I.S dan Guba, E.G. (1985). Naturalistic Inquery. Sage Publishing Inc, London.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. PT Remaja Rodsakarya, Bandung.

Marzano XE .(2007). The New Taxonomy of Educational Objectives. California.: A Sage Publications Company.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayanaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Jakarta, Indonesia: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayanaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta, Indonesia: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nan Rahminawati (2014). Manajemen Pendidikan: Diktat. Fakultas Tarbiyah Unisba.

----------------------(2012). Pedoman Pembelajaran di Lingkungan Unisba. P3AI, Unisba.

Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Universitas Islam Bandung. (2012). Pedoman Pembelajaran Universitas Islam Bandung.

------------------------------------.(2011). Keputusan Rektor Unisba Nomor: 043/A.2/SK/Rek/IV/2011 tentang Pemberlakuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI).