STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOGE GORENG DI KOTA BOGOR DENGAN KONSEP BISNIS BERMITRA

Lim Sanny

Abstract


Penelitian ini mengkaji strategi pengembangan bisnis dalam konsep bisnis bermitra khususnya bagi penjual toge goreng sebagai makanan tradisional di Kota Bogor. Pengembangan usaha toge goreng sangat diperlukan mengingat hingga kini makanan tradisional ini masih dijual di Kota Bogor masih dijual secara perorangan dan tidak memiliki cabang dimanapun, padahal potensinya sangat besar. Untuk itu pengembangan bisnis dengan konsep bisnis bermitra diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini mengkaji keberhasilan usaha bisnis gerobakan di Kota Bogor, dengan tujuan untuk mengetahui faktor terpenting yang menyukseskan usaha bisnis gerobakan sehingga dapat diterapkan untuk pengembangan strategi pengembangan bisnis toge goreng dengan konsep bisnis bermitra. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan unit analisis para mitra usaha makanan dan minuman dengan sistem gerobakan yang sudah berhasil. Teknik pengambilan sampel dengan sistem simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan, komitmen dan komunikasi merupakan hal yang menentukan keberhasilan dalam konsep bisnis bermitra.Untuk itu dalam mengembangkan bisnis toge goreng dengan sistem bisnis bermitra diperlukan pendampingan usaha serta memperhatikan ketiga hal tersebut.

Keywords


strategi, bisnis, bermitra

Full Text:

PDF

References


APEC, 2014. Pemberdayaan UMKM dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.

Beaton,M. dan Beaton,C. (1995), “Marrying Service Providers and Their Clients : A Relationship Approach to Services Managementâ€, Journal of Marketing Management, 11, 55-70.

BPS, 2011. Peranan UKM dalam menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.

BPS, 2012. Peranan UKM dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Croonen E. (2010), “Trust and Fairness During Strategic Change Processes in Franchise Systemsâ€, Journal of Business Ethics, 95,191-209.

Chiou, J. S., Hsieh, C. H., dan Yang, C. H. 2004. The effect of franchisors’ communication, service assistance, and competitive advantage on franchisee’s intentions to remain in the franchise system. Journal of Small Business Management, 42: 19-36.

Ford,J. dan Schellenberg,D. (1982), “Conceptual Issues of Linkage in The Asseessment of Organizational Performanceâ€, The academy of Management Review, 3(Jan), 49-58.

Kalafatis,S.P. dan Miller,H. (1998), “A Re-Examination of The Commitment-Trust Theoryâ€, in Gemunden,H.G.,Ritter,T. and Walter,A. (Eds), Relationships and Networks in International Markets, Pergamon Press, p.213-227.

Michael,S.C. (2002), “Can a Franchise Chain Coordinate?â€, Journal of Business Venturing, 17, 325-341.

Monroy, Alzola (2005). An analysis of quality management in franchise systems. European Journal of Marketing, vol.39 no.5/6:585-605

Moorman,C., Deshpande,R., dan Zaltman,G. (1993), “Factor Affecting Trust in Marketing Research Relationshipâ€, Journal of Marketing, Vol. 57, January, 265-276.

Morgan,R.M dan Hunt (1994). “The Commitment, Trust, Loyalty Theory of Relationship Marketingâ€. Journal of Marketing, 58(July), 20-38.

Mohrman,A.M., Resnick,W., dan Lawler,E. (1989), “Designing Performance Appraisal Systems : Aligning Appraisals and Organizational Realitiesâ€. San Fransisco: Jossey-Bass.

Russbult, T. dan Buunk R (1993), â€Commitment Processes in Close Relationship : An Interdependence Analysisâ€, Journal of Social Relationship, 10(1), 175-204.

Venkatraman dan Ramanujam (1986), “Measurement of Business Performance in Strategy Research : A Comparison of Approaches,†Academy of Management Review, 11(Oct), 801-814.