LITERASI INTERNET DALAM MEMINIMALISASI DAMPAK NEGATIF MEDIA JEJARING SOSIAL

Dedeh Fardiah, Rini Rinawati, Satya Indra Karsa

Abstract


Beberapa gejala kelumpuhan sosial yang bisa kita amati akibat dampak negatif media sosial di internet adalah rendahnya kemampuan bertatakrama atau etika berkomunikasi, melemahnya kepekaan sosial atau empati, dan rendahnya kemampuan menyelesaikan konflik dalam interaksi. Maka perlu adanya upaya konkret untuk mengatasinya melalui kegiatan pembelajaran baik langsung maupun tidak langsung khususnya upaya yang dikemas dalam konsep pendidikan karakter, pendidikan nilai, pendidikan moral atau pendidikan budi pekerti. Anak-anak remaja banyak menghabiskan waktunya di sekolah sehingga peran guru menjadi lebih luas ketika mengajarkan kepada remaja tentang dampak negatif media sosial ini kepada mereka melalui literasi internet. Berdasarkan latar belakang masalah ini , maka penulis meneliti tentang Strategi Guru dalam pembelajaran literasi internet untuk meminimalisasi dampak negatif media jejaring sosial bagi pelajar SMP di Kota Bandung. Penelitian ini ditargetkan menghasilkan model pembelajaran literasi internet kepada murid SMP yang akan menjadi masukan acuan bagi guru dalam melakukan strategi pembelajaran literasi internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis strategi pembelajaran, cara penyajian, metode pembelajaran, media dan model pembelajaran dalam pembelajaran literasi internet cukup beragam.

Keywords


Strategi, belajar, literasi internet

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Baran, Stanley J. (2012) Pengantar Komunikasi Massa jilid 1 : Melek Media dan Budaya, Jakarta, Erlangga.

Baran, Stanley J. 2002. Introduction to Mass Communication: USA: The McGraw-Hill Companies

Best, John. W. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan (Terjemahan oleh Sanapiah Faisal). Surabaya: Usaha Nasional

Curran, James. 2006. Media and Cultiral Theory. New York, USA: Routledge

Dewi, Dyah Puspita, (2013). Awas!! Internet Jahat Mengintai Anak Anda, Yogyakarta, Andi dan Elcom.

European Commission. 2009. Study on assessment Criteria for Media Literacy levels, brussels.

Holmes, David. (2012). Teori Komunikasi : Media, Teknologi dan Masyarakat, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Iriantara, Yosal. (2014). Komunikasi Pembelajaran ; Interaksi Komunikatif dan Edukatif di dalam Kelas, Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Pratama, I Putu Agus Eka, (2014). Komputer dan Masyarakat, Bandung, Informatika.

Rusman, (2013). Model-Model Pembelajaran ; Mengembangkan Profesionalisme Guru, Depok, Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina, (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta, Prenada Media.

Setyanto, N.Ardi, (2014). Panduan Sukses Komunikasi Belajar Mengajar, Yogyakarta, Diva Press.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali PErs.

Vivian. (2008). Teori Komunikasi Massa, Jakarta, Prenada Media

Sumber Lain :

http://sosmedtoday.com/2014/09/pengguna-internet-2014-berapa-data-nielsen/ di akses tanggal 26 November 2014

Mix Mei 2010 di akses tanggal 26 November 2014

http://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpk/issue/view/62 di akses tanggal 26 November 2014 journal.unair.ac.id/filerPDF/ln05697e9fb4full.pd di akses tanggal 26 November 2014

http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/issue/view/267 di akses tanggal 26 November 2014

https://mazdalifahjalil.wordpress.com/category/artikel-jurnal/ di akses tanggal 26 November 2014