ANALISIS FAKTOR- FAKTOR KENDALA USAHA PADA USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA UKM JAJANAN SEKOLAH IBU ANAH KOTA DEPOK JAWA BARAT )

Dassaad Dassaad, Riyanti Riyanti, Mulatsih Mulatsih

Abstract


Dewasa ini, UKM merupakan salah satu sektor usaha yang banyak disorot oleh pemerintah karena UKM memiliki peranan yang penting dalam memajukan perekonomian negara. UKM dinilai sebagai usaha yang cukup tangguh dan kuat dalam menghadapi berbagai gejolak ekonomi yang terjadi di negara Indonesia dibandingkan dengan perusahaan –perusahaan besar yang justru mengalami ketidakstabilan usaha dan akhirnya gulung tikar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala usaha yang dialami oleh UKM selama menjalankan usahanya. Obyek dari penelitian ini adalah UKM jajanan sekolah ibu Anah yang berlokasi di kota Depok, Jawa barat dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada pemilik UKM. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan dan menganalisis faktor-faktor kendala usaha UKM. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kendala usaha yang selama ini dihadapi oleh UKM tersebut adalah dari faktor permodalan, pemasaran, pemisahan keuangan dan pencatatan keuangan.

Keywords


Kendala Usaha, Usaha Kecil Menengar

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, S., (2001), Regulasi dalam Revitalisasi Usaha Kecil danMenengah di Indonesia http://jurnal.unikom.ac.id/vol4/art7.html diakses tanggal 5 April 2011

Ariawati, 2005, Usaha Kecil dan Peluang Kerja http://jurnal.unikom.ac.id/vol4/art7.html, diakses tanggal 3 maret 2005.

Arinaitwe, J.K. (2006), Factors constraining the growth and survival of small scale businesses: a developing countries analysis Journal of American Academy of Business, Cambridge, Vol. 8 No. 2, pp. 167-78.

Gibb, A.A. (1996), “Entrepreneurship and small business management: can we afford to neglect them in the twenty-first century business school?â€, British Journal of Management, Vol. 7 No. 4, pp. 309-21.

Mansur, A. dan Sulistio, J. (2010), Policy Analysis and Design of Small and Medium Entreprises for Development Program, Conference Proceeding, The 11th Asia Pacific Industrial Engineering and Management System Conference.

Winarni, E.S., (2006), Strategi Pengembangan Usaha Kecil Melalu Peingkatan Aksesibilitas Kredit Perbankan, Infokop Nomor 29 Tahun XXII, pp 92-98