PELATIHAN PEMASARAN ONLINE DI KLANGAN PENGUSAHA KECIL MENENGAH

O Hasbiansyah, Anne Maryani, Indri Rachmawati, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Keberadaan Usaha Kecil Menengah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Bandung perlu mendapatkan perhatian serius, antara lain di bidang pemasaran produk yang mereka hasilkan. Salah satu cara pemasaran yang potensial untuk diperkenalkan kepada para pelaku usaha ini adalah pemasaran melalui online. Hal ini untuk mendukung semakin tumbuhnya jiwa entrepreneurship masyarakat, selain upaya untuk semakin memperluas skala usaha mereka. Untuk itu dilakukan pelatihan tentang pemasaran online yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan konatif, melalui ceramah, diskusi, game, dan praktik. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta mengalami peningkatan pemahaman mengenai prinsip pemasaran online, mengalami peningkatan kemampuan dalam membuatpesanpemasaranonlineI, dan mampu mengembangkan keterampilan dapat membuat dan menggunakan fasilitas pemasaran online .

Keywords


online, pemasaran, usahamikro

Full Text:

PDF

References


Diana, Anastasia danFandyTjiptono, 2007.E-Business, Jogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Djuwendah, E., dkk. 2010. Pelatihan Bisnis dan Bauran Pemasaran dalam Upaya Penguatan UKM Pengolahan Makanan di Desa Sukaraja dan Sukamanah Kecamatan Sindanggalih Kabupaten Ciamis. Bandung: LPPM Universitas Padjadjaran.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons

Kleindl and Burrow, 2005, E-Commerce Marketing, USA: THOMSON.

LittleJohn,Stephendan Karen A.Foss,2009. TeoriKomunikasi. Jakarta: SalembaKomunika.

Sulianta, Feri.2009. Web Marketing.Jakarta,P.TGramedia

Shimp, Terrence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Terj. Harya Bhima Sena, Fitri Santi, dan Annisa Puspita Dewi. Jakarta: Salemba Empat.

Wirausaha Indonesia Baru 1,5Persen, JauhDibanding Singapura. 2013. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/01/14/mgmd77-wirausaha-indonesia-baru-15-persen-jauh-dibanding-singapura. Diakses 12-12-2014.

Kadin: Jumlah UMKM Di Bandung Hanya 3.000 Unit. 2012.http://bandung.bisnis.com/read/20121009/5/250445/kadin-jumlah-umkm-di-bandung-hanya-3-000-unit. Diakses 12-12-2014.