PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DISKON HARBOLNAS DAN WEB QUALITY 4.0. LAZADA.CO.ID TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Abstrak. Lazada Indonesia (lazada.co.id) toko online terbesar dan terlengkap di Indonesia yang merupakan salah satu penggagas pertama peringatan Harbolnas/Online Revolution. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui persepsi pelanggan Lazada.co.id tentang strategi penetapan harga diskon Harbolnas, dan Web Quality 4.0. Lazada.co.id saat Harbolnas, serta pengaruh parsial dan simultan Harga &WebQual 4.0, terhadap Keputusan Pembelian. Peneliti menggunakan objek website e-Commerce Lazada.co.id dengan jumlah responden 96 orang. Metode yang digunakan ialah analisis penelitian deskriptif dengan jenis data kuantitatif. Analisis pembahasan yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda.Hasil dari penelitian ini adalah variabel independen yaitu Harga, dan WebQual 4.0. memiliki
pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 26,9%. Sedangkan sisanya 73,1% dijelaskan dengan faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis regresi ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnes, S.J. danVidgen, R.T (2003). Measuring Web Site Quality Improvements a Case Study of
The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Journal of Industrial Management
and Data System
C. Laudon, Kenneth dan Traver, Carol Guercio (2009), “E-Commerce: Business,Technology, Societyâ€,
Prentice Hall.
Hair et al., (2010), Multivariate Data Analysis, Sixth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New
Jersey.
Herman,et al.(2013). Epidimiology of Stroke in Tilburg, The Netherland.American. Heart Association
Kotler,Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Keller. (2016), Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.
Loiacono, Elanor, Chen, Daniel danGodhue, Dale (2002) Webqual Revisted : Predicting the Intent to
Reuse the Website , Eight Americas Conference on Information Systems
Lupiyoadi, Hamdani, (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, , Jakarta. Salemba Empat.
Riyadi, Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik “Suatu Alternatif Pendekatan pembelajaran
Matematikaâ€. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sunarto, Andi. (2014), Seluk Beluk E-commerce. Jakarta. Gerai Ilmu
Suryana, Ir. Taryana. (2006), Ecommerce dengan PHP dan MySQL. Ditulis bersama., Yogyakarta.
Penerbit Graha Ilmu
Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika
Aditama.
Sarwono, Jonathan dan Herlina Budiono. (2012), Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis
Dan Disertasi, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2012), Research Methods for Business, Chichester: John Wiley &
Sons Ltd.
Sugiyono, (2014). StatistikaUntukPenelitian. Bandung :Alfabeta
Sunjoyodan et.al. (2013), Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset, Bandung:Alfabeta.
Turban, Efrain, Lind a Volonino (2012), In formation Technology for Manag ement, 7th Edition John
Willey & Sons, Asia.
Tjiptono, Fandy.(2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset
Zikmund, William G. dan et.al. (2010).Business Research Methods. South-Western: Cengage Learning
Penelitian Terdahulu
Rajput, A.A.; Kalhoro, S.H.; dan Wasif, R. 2012. Impact of Product Price and Quality on Consumer
Buying Behavior: Evidence from Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In
Business ijcrb.webs.com.Vol 4, No 4. August, h.585-496.
Wibowo, S.F. dan Karimah, M.P. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan
Pembelian Sabun Lux (Survei pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen
Sains Indonesia(JRMSI).Vol. 3, No. 1. h.1-15
Stella Rosita ,Pingky Dkk. 2014. Benchmark Website Bhineka.Com Dan Eleveneia.Co.Id Dengan
Metode Webqual. Jurnal Sentika. ISSN: 2089-9813. Universitas Gunadarma.
Susanto, Agus. 2013. Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada
Batik Tulis Karangmlati,Demak. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Semarang.
Akmal, Dzulfikar. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa/I Melalui
Keputusan Pembelian Pada Website SMB Telkom University (Studi Kasus Mahasiswa/i Telkom
University Bandung)†Skripsi. Jurusan D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan Telkom
University Bandung.
Damasthia, Putri Liana Pertiwi. 2015. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Online Shopping Behaviour
Intention. Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Fakutlas Ekonomi Dan
Bisnis Telkom University Bandung.
Swisstiani, Feby. 2014. Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet Dan Promosi Penjualan
Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Zalora. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Website
Program #Bringmeto1D Lazada.co.id. [Online] blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]
Week Best Discount Ever [Online] blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]
Pertumbuhan pasar e-commerce [Online]. www.startupbisnis.com. [3 Maret 2016]
Estimasi penjualan melalui e-commerce B2C di Asia [Online]. www.startupbisnis.com. [4 Maret 2016]
Trend
perkembangan
penggunaan Smartphone
berbagai
usia
[Onlin
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/12/09/233241826/Hari.Belanja.Online.Nasional.Harb
nas.2015.Digelar.3.Hari. [5 Maret 2016]
Perbandingan Perusahaan E-Commerce B2C Indonesia di Peringkat Dunia [Online]. www.alexa.com
Maret 2016]
Promo Harbolnas Lazada. [Online]. www.blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]
Cara Melakukan Uji Asumsi Klasik . [Online] www.spssindonesia.com [10 Mei 2016