PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DISKON HARBOLNAS DAN WEB QUALITY 4.0. LAZADA.CO.ID TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Muh Fakhri Rahmawan, Fanni Husnul Hanifa

Abstract


Abstrak. Lazada Indonesia (lazada.co.id) toko online terbesar dan terlengkap di Indonesia yang merupakan salah satu penggagas pertama peringatan Harbolnas/Online Revolution. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui persepsi pelanggan Lazada.co.id tentang strategi penetapan harga diskon Harbolnas, dan Web Quality 4.0. Lazada.co.id saat Harbolnas, serta pengaruh parsial dan simultan Harga &WebQual 4.0, terhadap Keputusan Pembelian. Peneliti menggunakan objek website e-Commerce Lazada.co.id dengan jumlah responden 96 orang. Metode yang digunakan ialah analisis penelitian deskriptif dengan jenis data kuantitatif. Analisis pembahasan yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda.Hasil dari penelitian ini adalah variabel independen yaitu Harga, dan WebQual 4.0. memiliki
pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 26,9%. Sedangkan sisanya 73,1% dijelaskan dengan faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis regresi ini.


Keywords


Harga, Web Quality 4.0. dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Barnes, S.J. danVidgen, R.T (2003). Measuring Web Site Quality Improvements a Case Study of

The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Journal of Industrial Management

and Data System

C. Laudon, Kenneth dan Traver, Carol Guercio (2009), “E-Commerce: Business,Technology, Societyâ€,

Prentice Hall.

Hair et al., (2010), Multivariate Data Analysis, Sixth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River : New

Jersey.

Herman,et al.(2013). Epidimiology of Stroke in Tilburg, The Netherland.American. Heart Association

Kotler,Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller. (2016), Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.

Loiacono, Elanor, Chen, Daniel danGodhue, Dale (2002) Webqual Revisted : Predicting the Intent to

Reuse the Website , Eight Americas Conference on Information Systems

Lupiyoadi, Hamdani, (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, , Jakarta. Salemba Empat.

Riyadi, Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik “Suatu Alternatif Pendekatan pembelajaran

Matematikaâ€. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sunarto, Andi. (2014), Seluk Beluk E-commerce. Jakarta. Gerai Ilmu

Suryana, Ir. Taryana. (2006), Ecommerce dengan PHP dan MySQL. Ditulis bersama., Yogyakarta.

Penerbit Graha Ilmu

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika

Aditama.

Sarwono, Jonathan dan Herlina Budiono. (2012), Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis

Dan Disertasi, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2012), Research Methods for Business, Chichester: John Wiley &

Sons Ltd.

Sugiyono, (2014). StatistikaUntukPenelitian. Bandung :Alfabeta

Sunjoyodan et.al. (2013), Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset, Bandung:Alfabeta.

Turban, Efrain, Lind a Volonino (2012), In formation Technology for Manag ement, 7th Edition John

Willey & Sons, Asia.

Tjiptono, Fandy.(2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset

Zikmund, William G. dan et.al. (2010).Business Research Methods. South-Western: Cengage Learning

Penelitian Terdahulu

Rajput, A.A.; Kalhoro, S.H.; dan Wasif, R. 2012. Impact of Product Price and Quality on Consumer

Buying Behavior: Evidence from Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In

Business ijcrb.webs.com.Vol 4, No 4. August, h.585-496.

Wibowo, S.F. dan Karimah, M.P. 2012. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan

Pembelian Sabun Lux (Survei pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen

Sains Indonesia(JRMSI).Vol. 3, No. 1. h.1-15

Stella Rosita ,Pingky Dkk. 2014. Benchmark Website Bhineka.Com Dan Eleveneia.Co.Id Dengan

Metode Webqual. Jurnal Sentika. ISSN: 2089-9813. Universitas Gunadarma.

Susanto, Agus. 2013. Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Batik Tulis Karangmlati,Demak. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri

Semarang.

Akmal, Dzulfikar. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa/I Melalui

Keputusan Pembelian Pada Website SMB Telkom University (Studi Kasus Mahasiswa/i Telkom

University Bandung)†Skripsi. Jurusan D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan Telkom

University Bandung.

Damasthia, Putri Liana Pertiwi. 2015. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Online Shopping Behaviour

Intention. Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika Fakutlas Ekonomi Dan

Bisnis Telkom University Bandung.

Swisstiani, Feby. 2014. Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet Dan Promosi Penjualan

Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Zalora. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas

Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Website

Program #Bringmeto1D Lazada.co.id. [Online] blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]

Week Best Discount Ever [Online] blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]

Pertumbuhan pasar e-commerce [Online]. www.startupbisnis.com. [3 Maret 2016]

Estimasi penjualan melalui e-commerce B2C di Asia [Online]. www.startupbisnis.com. [4 Maret 2016]

Trend

perkembangan

penggunaan Smartphone

berbagai

usia

[Onlin

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/12/09/233241826/Hari.Belanja.Online.Nasional.Harb

nas.2015.Digelar.3.Hari. [5 Maret 2016]

Perbandingan Perusahaan E-Commerce B2C Indonesia di Peringkat Dunia [Online]. www.alexa.com

Maret 2016]

Promo Harbolnas Lazada. [Online]. www.blog.lazada.co.id. [3 Maret 2016]

Cara Melakukan Uji Asumsi Klasik . [Online] www.spssindonesia.com [10 Mei 2016