PENGEMBANGAN INSTRUMEN KONSELING MULTIMODAL UNTUK PENGELOLAAN STRES MAHASISWA

Kustyarini Kustyarini

Abstract


Masalah-masalah dalam kehidupan manusia yang berpotensi menyebabkan stres dapat dipahami secara menyeluruh (comprehensive) untuk pemahaman bidang-bidang masalah di tengah kehidupan manusia, yang berandil bagi terjadinya stres. Fenomena stres mahasiswa menurut Prinantyo (2001) meningkat akhir-akhir ini, mahasiswa rela mengakhiri hidupnya dengan tragis. Hal ini disebabkan oleh persoalan-persoalan yang terjadi dalam lingkungan pendidikan, baik yang bersumber dari pendidik, materi, maupun lingkungan sosialnya. Dengan perspektif yang menyeluruh itu, manusia dapat mengembangkan gaya hidup sehari-hari yang lebih efektif untuk mengatasi stres, bahkan lebih efektif untuk bertumbuh kembang secara biopsikososiospritual. Penanganan stress secara menyeluruh ini sangat penting dilakukan sebab jika dibiarkan dapat mengakibatkan munculnya berbagai gangguan yaitu jiwa (neurosis) dan fisik (psikosomatik).Secara rinci permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah: (1) Mengapa konseling diperlukan oleh mahasiswa? (2) Bagaimanakah model konseling yang dapat digunakan untuk membantu meringankan stres mahasiswa? (3) Bagaimanakah keefektifan penerapan model konseling tersebut? Rancangan penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan menggunakan the one-group pretest-posttest design. Karakteristik utama rancangan penelitian ini adalah: (1) subjek penelitian hanya satu kelompok, yakni: kelompok eksperimen, (2) pemberian pre-test dan pos test untuk subjek penelitian, (3) kontrol validitas internal dan eksternal terbatas. Target pertama dari penelitian ini adalah untuk menemukan model yang sesuai dengan kebutuhan psikologis mahasiswa dan menguji model tersebut yang teruji keterterimaannya (acceptability) pada aspek kegunaan (utility), kelayakan (fesiability) dan ketepatan (accuracy). Target selanjutnya adalah untuk menguji keefektifan model pengelolaan stres mahasiswa . Luaran dari penelitian ini dapat memberikan sumbangan teknologi berupa Panduan Penerapan Konseling Multimodal, media yang dapat digunakan sebagai panduan bagi konselor untuk mengelola stres mahasiswa.

Keywords


pengembangan instrumen, konseling Multimodal, pengelolaan, stres, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arnett, J. J. 1999. Adolescent Stomi and Stress. American Psychologist, 54 (5), 317-326.

Azwar, S. 1996. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brannon, L.. & Feist, J. 2000. Health Psychology; An Introduction to Behavior and Health. USA: Wadsworth.

Corey, G. 2005. Theory And Practice of Counselling and Psychotherapy. Sixth Edition. California: Books/Cole Publishing.

Corrnier, W. H., & Cormier, L. S. 985. Interviewing Strategies For Helpets; Second Edition. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Gadzela, B. M., & Baloglu, M. 2001. Confirmatory factor Analysis and Internal Consistency of The Student-life Stres Inventory. Journal of Instructional Psychology, 2, 2-8. http ://www. findarticles.com. Diakses Tanggal 10 Maret 2006.

Greenberg, I S. 2002. Comprehensive Stress Management. New York: Mc Grawh Hill

Ge, X., Conger, R. D., & Elder, G. H. 2001. Pubertal Transition, Stressfull Live Events, and The Emergence of gender differences in adolescent depressive strn ptoms. Developmental PychoIogy. Vol 37 (3), 404-417.

Gunarsa, S. 1996. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hewit, P. L., & Flett, G.L. 1993. Dimension of Perfectionism, Daily Stress, and Depression: A Test of The Specific Vulnerability Hypotesis. Journal of Abnormal Psychology Vol 102. (1) 58-65.

John, M. 2004. Article. Stress Management: Strategy and Techniques. http://www. humanlink. .Com. Diakses Tanggal 2 Februari 2005.

Kanfer, F. H. & Goldstein, A. P. 1980. Helping People Change. Second Edition. USA: Pergamon Press.

Kanters, Bristol,M. A., David, G., Attarian, & Aram. 2002. Effects of Outdoor Experiental Training On Perceptions of CoBege Stress. Journal of Experiental Education. (JO). http://www. findarticles.com. DiaksesTanggal 01 Maret 2006.

Kasandra, A. 0. 2003. Pendekalan Cognitive Behavior Dalam Psikoterapi. Jakarta: Ktreativ Media.

Kiselica, M. S. Stanley, B., Ronald, N. T., S Susan, R. 1994. Effect of Stress Inoculation Training on Anxiety, Stress, and Academic Performances Among Adolesencet. Journal of Counseling Psychology. Vol 41 (3, 335-342)

Kerlinger, F. N. 1990. Asas-asas Penelitian Behavioral (Terjemahan). Yogyakarta: Universitas Gadjahmada Press.

Larson, R. & Ham, M. 1993. Stress and “Storm and Stress†in Early Adolesence: The Relationship of Negative Events With Dysphoric Affect. Developmental Psychology. Vol. 29 (1), 130-140.

Lee, D. H., Kang, S., & Yum, 5. 2005. A Qualitative Assesment of Personal and Academic Stressor among Korean College Students: An Exploratory