PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM KAITANNYA DENGAN PEMAHAMAN DAN PENERAPAN AKUNTANSI PADA UKM

Sandrayati Sandrayati, Nelly Masnila, Yuliana Sari

Abstract


Akuntansi adalah sarana pendukung yang dpat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengelola keuangan perusahaan. Dengan adanya akuntansi yang baik, perusahaan dapat memantau sekaligus mengevaluasi perkembangan usahanya dari waktu ke waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tahun kedua yang dilakukan dilakukan untuk mengeksplorasi pemahaman dan praktik akuntansi di UKM di kota Palembang serta mengetahui faktor yang mempengaruhi pemahaman akuntansi dan penerapan akuntansi di UKM di Kota Palembang. Pada penelitian tahun kedua ini ingin diungkap bagaimana persepsi UKM atas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya dihubungkan dengan penerapan akuntansi yang dilakukan UKM di Kota Palembang. Berdasarkan hasil penelitian di atas pendidikan karyawan UKM cukup baik, namun sebagian besar tidak pernah mengikuti pelatihan akuntansi. UKM juga menganggap pendidikan karyawan dan pelatihan akuntansi yang dilakukan akan memberikan pengaruh terhadap pemahaman dan penerapan akuntansi di kalangan UKM.

Keywords


SDM, pendidikan, pelatihan, penerapan akuntansi

Full Text:

PDF

References


Furqan, Andi Chairil dan Karim, Fikry. 2012. Problematika Praktik Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) serta Keterkaitannya Terhadap Akses Kredit. Publikasi internet.

Rudiantoro, Rizki dan Siregar, Sylvia Veronika. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UKM serta Prospek Implementasi Sak ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol 9. N0. 1. Juni 2012.

Sandrayati, Nelly Masnila, dan Yuliana Sari. 2015. Peta Praktik Akuntansi pada UKM di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. ISSN 2089-3590, EISSN 2303-2472 | Vol 5, No.1, Th, 2015

Wati, Evi Emilia. 2011. Persepsi Para Pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Terhadap Penerapan Akuntansi. Skripsi. Tidak dipublikasikan