PELATIHAN PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PENGRAJIN SENTRA KAOS SABLONAN DI DAERAH SUCI BANDUNG

Ratih Tresnati, Nina Maharani, Lufthia Sevriana, Dian Vita Ricasari, Nida Dzulhikmi, Hanna Dwitaningrum Elsa

Abstract


Terdapat 409 pengrajin sablon kaos suci. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 177.300 Lusin dengan nilai investasi Rp. 115,403 Milyar dan menyerap tenaga pekerja sebanyak 2.721 Orang. Namun usaha Kaos Sablon di sentra Suci Bandung tersebut belum optimal, hal ini dilihat dari berfluktuasinya penjualan Kaos Sablon di sentra tersebut dikarenakan kebanyakan dari UKM di Kawasan Suci, memiliki kendala dalam permodalan, teknologi, kemampuan manajerial dan pemasaran. Promosi yang dilakukan oleh produsen kaos sablonan Suci masih menggunakan cara tradisional yaitu: memasang spanduk di daerah jalan suci sehingga jangkauan promosinya masih terbatas di daerah tertentu saja dan hanya sebagaian kecil dari mereka menggunakan media massa seperti: koran, majalah, radio dan televisi. Tim PKM berupaya memberikan solusi dari permasalahan tersebut melalui pelatihan online marketing disertai pendampingan. Kegiatan pelatihan berupa pembuatan blog perusahaan dengan menggunakan aplikasi Wordpress. Dalam pelatihan ini para pengrajinsekaligus membuat company profile, memajang produk-produknya di blog tersebut dan mempublikasikan blog ke media sosial yang dimiliki oleh para pengrajin. Tingkat pemahaman para pengrajin tentang pemasaran online pasca pelatihan dinilai cukup baik dengan skor rata-rata 65,94 dibandingakan dengan pemahaman sebelum pelatihan dengan skor rata-rata 34,06 berarti ada peningkatan pemahaman 31,88 poin.

Keywords


Online Marketing, Kaos Sablon Suci, Wordpress

Full Text:

PDF

References


Adelaar, Thomas, 2000, ellectronic Commerce and The Implications for market structure ; The Example of the Art and Antiques trade . Journal of Computer- mediated Communication, 5 (3)

Ali Hasan. 2013. Marketing Dan Kasus- Kasus Pilihan. Jakarta : Penerbit CAPS

Andika Priyandana. 2015. Majalah Marketing edisi 11/XV/ November 2015 :

E- commerce, Hidup Atau Mati?

Arnott, David C dan Susan Bridgewater, 2002. Internet, Interaction and Implications for Marketing. Marketing intelligence dan Planning, 20 (2) : 86-95

Anindya N Bakrie.2012. Triple Helix dan Percepatan Inovasi.Jakarta: KADIN Jaya

Bloom, PN, Boone LN. 2006. Strategi Pemasaran produk. Jakarta: Prestasi pustaka

Erna Tanala. 2012. Belajar.ditpsmk. net Diakses tanggal 14 Juli 2016

Etzkowitz, Henry et al. (2007) Special Feature: The triple helix model of innovagtion: University – industry-government interaction. Tech Monitor, pp. 14-23

Etzkowitz, Henry .(2002). The Triple Helix of university-industry-government: Implications for policy and evaluation, SISTER working paper 2002-11, Stockholm, Sweden.

Eddi Indro Asmoro. 2012.Perancangan Incubator Model Triple Helix Untuk Effektivitas pro-ses knowledge transfer sebagai strategi pengembangan IKM. Proceeding for Call Paper Pekan Ilmiah Dosen FEB –Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Etzkowits, H & L. Leydesdorff. 2000. The Dynamics of Innovation: from National Systems and ‘Mode 2 to a Triple Helix of Univeristy –Industry-Government. Research Policy 29: pp. 109-123

Gumgum gumilar dan Ipat Zulfan.2014. Penggunaan Media Dan Internet sebagai Sarana Penyampaian Informasi Dan Promosi Oleh Pengelola Industri Kecil Dan Menengah Di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol 2, No.1, Juni 2014.

Jalivand, M. Reza and Neda Samiei. 2011. The Effect Of Electronic Word of Mouth On Brand Image And Purchase Intention. Procedia Computer Science. Iran.

Hartono.2010. Pola Interaksi TripleHelix.

Hifni Alifahmi. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran : Integrasi Iklan, Public Relations Dan Promosi. Jakarta: Penerbit Quantum

Indra Fajar Alamsyah.2013.Pengaruh Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pengusaha Sentra Industri Kaos Sablon SUCI Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Jalivand, M. Reza and Neda Samiei. 2011. The Effect Of Electronic Word of Mouth On Brand Image And Purchase Intention. Procedia Computer Science. Iran.

Kaplan, Andreas M and Michael Haenlein. 2010. User Of the World United the Challenges And Opportunity Of Social Media. Business Horizon 53. USA.

Kadiman, Kusmayanto, (2005),The Triple Helix and The Public.Dipresentasikan padaSeminaron Balanced Perspective in Business Practices, Governance,&Personal Life. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Kottler. 2009. Manajemen pemasaran edisi ke 12 dialihbahasakan oleh Bob Sabran . Jakarta: Penerbit Erlangga

Kaos: Rezeki Rakyat, Pakaian Rakyat.Dikutip dari: KOMPAS cetak, 20 Oktober 2008.

Leydesdorff, Loet (2005), The triple helix model and the study of knowledge -based innovation systems, International Journal of Contemporary Sociology, Vol. 42, no. 1, pp 1-16

Leydesdorff, L. 2000. The Triple Helix: an Evolutionary Model of Innovations. Research Policy 29: pp.243 -255

Muhammed. Rafi, Robert J. Fisher, Bernard J. Jaworski.2003. Internet Marketing: Building Advantage in A Network Economy. USA : Mc. Graw Hill.

Nisaputra, R. 2013. ’36 juta jiwa aktif menggunakan bisnis’ diakses pada 7 agustus 2016 melalui http://www.Lintas.me/bisnis/inspirasi/laptopbunda.com/ 36- juta- jiwa- aktif menggunakan- bisnis

Peraturan Per Undang-Undangan yang mengatur UMKM adalah Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Berdasarkan Undang-Undang tersebut UMKM diberi batasan-batasan berdasarkan

Rendi Maulana Dan Kezia Kuriawati. 2014. Pengaruh Kualitas E- Service Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Website Koren Denim). Jurnal Manajemen, Vol 13, No. 2.

Rudy Badrudin.2012.Model Pengembangan one village one product dengan Triple Helix Dalam rangka meningkatkan UMKM di Indonesia. Jogjakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN YogyakartaJalan Seturan Yogyakarta 55281

Supradono, Bambang. 2007. Strategi Pemasaran Lewat Internet ( Cybermarketing). http: //jurnal. Unimus. ac.id. Volume 4 no 1

Sysadimin. 2008. Wali Kota Bandung Buka Pelatihan Pengembangan Bisnis Industri Kaos dan Sablon.Sumber : BAKOMINFO

Yoga Triastopo. 2015. Kampung Sentra Kaos SUCI Goes Digital. INILAH KORAN, Koran Era Digital.

Wijaya, A. 2008. “ Belanja Via internet meningkat “. Diakses pada 7 Agustus 2016 melalui http:// www.tempo.co/read/news/2008/03/05/056118641/ Belanja-via-internet-Meningkat