DAKWAH PADA MASYARAKAT PERKOTAAN (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP WIJHAH DAN AKTIVITAS DAKWAH PERSIS PIMPINAN DAERAH KOTA BANDUNG)

Komarudin Shaleh, Nandang HMZ

Abstract


Penelitian ini tertuju kepada Dakwah Islam pada masyarakat diperkotaan yang dilakukan oleh Ormas Islam Persis tingkat Kota (Pimpinan Daerah [PD]) dengan fokus utama tentang wijhah (arah) dakwah dan aktivitas dakwahnya. Hal itu mengingat bahwa Persis Kota Bandung merupakan wajahnya Persis keseluruhan karena Persis lahir di Kota Bandung, namun gerakan dakwah Persis masih dipandang sebagian masyarakat sangat keras dan tidak jelas wijhah-nya, serta bentuk aktivitasnya hanya berupa tabligh saja. Rumusan masalah: 1) Seperti apa wijhah Dakwah Persis sacara umum untuk masyarakat Perkotaan; 2) Bagimana aktivitas Dakwah Persis PD Kota Bandung untuk masyarakat perkotaan; 3) Sejauhmana keberhasilan Dakwah Persis PD Kota Bandung pada masyarakat perkotaan?Metode yang digunakan adalah "metode deskriptif analitik" dengan pendekatan “kualitatifâ€, melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aktivitas Dakwah Persis PD Kota Bandung untuk masyarakat perkotaan, menggunakan berbagai kegiatan dan pendekatan, namun kegiatan dan pendekatan itu belum mampu membentuk masyarakat kota Bandung yang islami secara mayoritas, hasil analisa disebabkan beberapa faktor, antara lain: (1) kegiatan dakwah Persis seolah masih tertutup untuk orang luar organisasi; (2) metode dakwah yang digunakan berkisar pada “nasihat yang baikâ€, sehingga kurang menarik minat masyarakat luas, (3) materi dakwah sering menjenuhkan sekitar fiqh ibadah yang sangat sensitive dan kontradiktif dengan kebanyakan umat Islam yang ada,belum dapat memberi kepuasaan terhadap kebutuhan masyarakat luas, (4) kemampuan para dari masih lemah tingkat pendidikannya 50% lulusan muallimin, padahal masyarakat kota yang dihadapi sudah banyak yang sarjana bahkan S3 (doktor), (5) media dakwah yang digunakannya pula masih sangat tradisional terkalahkan pengaruhnya oleh media modern.

Keywords


Dakwah, Masyarakat kota, Wijhah, dan aktivitas dakwah.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim

Antonio, Muhammad Syafii. 2010, Ensiklopedia Leadership dan Manajemen Muhammad Saw." The Super Leader Super Manager", Vol. IV, Jakarta: Tazkia Publishing.

Dakwah - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia...id.wikipedia.org/wiki/ Dakwah Salinan

Dori Wuwur Hendrikus. 1991, Retorika -Terampil berpidato, Jogya, Kanisius

Hasanudin Abu Bakar. 1999, Meningkatkan Mutu Dakwah, Jakarta, Media Dakwah.

Kustadi Suhandang. 2009, Retorika Strategi dan Teknik Pidato, Bandung, Nuansa.

LPPM-Unisba. 2016, Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Bandung, LPPM.

M. Arifim. 1993, Psikologi Dakwah, Jakarta, Bulan Bintang.

M. Natsir. 1978, Fiqhud Dakwah, Jakarta, Dewan Dakwah Islam Indonesia.

ifzanul.blogspot.com/.../Masyarakat Tradisional, Masyarakat Transisi, Masyarakat Modern, masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan. A. Masyarakat Tradisional 1. Pengertian , diunduh Tgl. 19 Juni 2015

Miftah Faridl,.2008, Dakwah Lain Saukur Ceramah, Bandung, Bina Dakwah.

Pedoman Kerja Persatuan Islam, Tahun 2015.

Qanun Asasi dan Qanun Dakhili, Persatuan Islam, Tahun 2015

Qanun Dakhili, Bab I pasal 6 ayat (1) dan pasal 7 ayat (1) sd. (3), hlm. 20-21

Soerjono Soekanto, 2012, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Tata Sukayat. 2009, Quantum Dakwah, Jakarta, Rineka Cipta.

Ummu Yasmin. 2003, Materi Tarbiyah Panduan Kurikulum bagi Da’i dan Murobbi, Solo, Media Insani.

William Chang. 2002, Metodologi Penulisan Ilmiah, Jakarta, Erlangga.

Yasin T. al-Jiboury. 2003, Konsep Tuhan menurut Islam, Jakarta:Lentera Basritama