PENYULUHAN PEMBERDAYAAN KOPERASI DAN PASAR INTERNAL KEPADA PENGURUS DAN ANGGOTA KOPERASI PEDAGANG DI LINGKUNGAN PASAR TRADIONAL KOSAMBI KOTAMADYA BANDUNG

Aminuddin Irfani, Muhardi Muhardi, Nurdin Nurdin, Hariani Hariani, Muhammad Zaid Rahman

Abstract


Pemahaman pengurus dan anggota koperasi dinilai belum optimal mengenai pemberdayaan dan pasar internal sebagai salah satu kekuatan yang dimiliki koperasi. Padahal pasar internal, yaitu para pedagang di lingkungan pasar Kosambi sebagai anggota yang sekaligus pelanggan koperasi adalah potensial untuk diberdayakan. Karenanya khalayak sasaran kegiatan penyuluhan ini adalah, pengurus dan anggota koperasi pedagang di lingkungan pasar tradisional Kosambi Kotamadya Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian melalui penyuluhan ini adalah dengan pendekatan ceramah, tanya jawab dan angket. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini menunjukkan bahwa, kegiatan penyuluhan dinilai efektif, karena terjadi peningkatan pemahaman pengurus dan anggota yang signifikan mengenai pentingnya pemberdayaan dan pasar internal sebagai salah satu kekhasan dan kekuatan koperasi.

Keywords


Koperasi pasar tradisional, penyuluhan, pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Dulfer, Eberhard. (1994). Managerial economics of Co-operatives. Dalam International Handbook of Cooperative Organization. Dulfer, Eberhard (ed.) .Gootingen: Vandenhoeck und Ruprecht.

Hanel, Alfred. (1989). Organisasi Koperasi: Pokok-pokok Pikiran mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangannya di Negara-negara Berkembang (Terjemahan). Bandung: Universitas Padjadjaran.

Munkner H.H. (1987). Hukum Koperasi (Terjemahan). Bandung: Penerbit Alumni.

Suharsimi Arikunto (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.