PEMAKNAAN ‘JIHAD’ OLEH KAUM MILITAN DI INDONESIA ERA REFORMASI

Bambang Saiful Ma'arif, Parihat Kamil

Abstract


Kaum militan merupakan suatu fenomena keagamaan di Indonesia Era Reformasi. Senyampang adanya kebebasan pers di tanah air lahir banyak gerakan Islam yang mengemuka di masyarakat yang pluralistik. Islam mengajarkan Jihad, namun dalam praktiknya diartikan secara berbeda oleh kaum Militan dengan perjuangan dalam aneka bentuk dan agendanya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji makna jihad dalam pandangan kaum militan, variansinya di Era Reformasi, dan implikasinya terhadap makna jihad. Secara rinci artikel ini membahas tentang: 1) Makna jihad menurut Islam, 2) Militansi dalam Pandangan Islam dan variansinya, dan 3) Makna jihad menurut kaum militan di Indonesia Era Reformasi dan implikasinya. Artikel ini hasil penelitian kualitatif dan teknik studi pustaka dengan analisis pada topik terkait. Peneliti menemukan bahwa jihad merupakan perintah untuk menegakkan ajaran Islam dalam realitas kehidupan dengan semangat tinggi; penuh gairah; berhaluan keras. Jihad menjadi suatu yang prinsipal dalam Islam karena dapat menegakkan nilai-nilai kebenaran dan mencegah kemunkaran; Pemaknaan jihad berbeda di kalangan kaum militan, sesuai dengan variansi kaum militan sendiri. Dalam realisasinya terdapat kebedaan sekitar makna jihad. Meski paham militan seringkali menjadi basis utama bagi lahirnya fundamentalisme dan radikalisme, namun tidak selalu kaum militan menjadi radikalis dan fundamentalis. Ada gradasi dan dinamika dari militansi Islam di Indonesia sesuai dengan pengalaman mereka.

Keywords


Makna jihad, jihad kaum Militan, Varian kaum Militan, era Reformasi

Full Text:

PDF

References


Abou El-Fadl, Khaled. (2004). Islam dan Tantangan Demokrasi. Jakarta: Ufuk Press.

Agastya, M. ABM. (2013). Arab Spring Badai Revolusi Timur Tengah yang Penuh Darah. Yogyakarta: Ircisod.

Agus SB (Surya Bakti). (2014). Darurat Terorisme Kebijakan Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi. Jakarta: Penerbit Daulat Press.

Ahmad Sunarto, (2013). Ensiklopedi Biografi Nabi Muhammad Saw dan Tokoh-tokoh Besar Islam. jilid 6. Jakarta: Widya Cahaya.

Al-„Asqolany, Ibnu Hajar. (1998). Bulûgh al-Murâm min adillat al-ahkâm. Beirut Libanon: Dar al-Fikr.

Al-Fiki, Sa‟ad Karim. (2009). Pengkhianat-Pengkhianat dalam Sejarah Islam. (Penerjemah: Muhyidin Mas Rida). Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Al-Jurjawi, Syekh Ali Ahmad. (t. Th.). Hikmat al-Tasyrî’ wa Falsafatuhu. Beirut Libanon: Dar al-Fikr.

Ali, As‟ad Said. (2014). Al-Qaeda: Tinjauan Sosial Politik, Ideologi dan Sepak Terjangnya. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Azra, Azyumardi. (2002). Konflik Baru Antar Peradabn Globalisasi, Radikalisme, dan Pluralitas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bruce, Steve. (2002). Fundamentalisme Pertautan Sikap Keberagamaan dam Modernitas. (penerjemah: Herbhayu A., Noerlambang; editor: Arif Susanto). Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (Anton M. Moeliono, Penyunting penyelia, [tanpa tahun]). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Effendi, Yusuf. (2015). Kebangkitan Kedua Umat Islam Jalan Menuju Kemuliaan. Bandung: Noura Books (Kelompok Mizan).

Fuller, Graham E. (2014). Apa jadinya Dunia Tanpa Islam? Sebuah Narasi Sejarah Alternatif. Bandung: Mizan.

Jansen, G.H. (1983). “Islam Militan.†(Terjemahan: Armahedi Mazhar). Dari: Militant Islam an Informed and Incisive analysis of Islam’s Confrontation with the Western World Today. [1979]), Bandung, Pustaka Salman ITB.

Luthfi, Musthafa. (2008). Melenyapkan Hantu Terorisme dari Dakwah Kontemporer. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Merriam – Webster (editors), (2006). Webster’s New Explorer Encyclopedic Dictionary. Springfield Massachusetts: A Devision of Merriam-Webster, Incorporated.

Muhammad, Reno. (2014). ISIS Kebiadaban Konspirasi Global. Bandung: Noura Books (kelompok Mizan).

Wandelt, Ingo. (2009). Kamus Keamanan Komprehensif Indonesia. Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia Office.

Wictorowicz, Quintan (editor). (2012). Gerakan Sosial Islam Teori, Pendekatan dan Studi Kasus. Jakarta: Penerbit Gading Publishing dan Paramadina.

Winarno, Budi. (2011). Isu-isu Global Kontemporer. Yogyakarta: CAPS.

Koran

Kompas, Sabtu, 12 September 2015

Internet:

http://sandihasanudin.blogspot.com/2013/02/tantangan-dan-peluang-dakwah-di-era_28.html

http://www.iluvislam.com/tazkirah/9622-3-strategi-berdakwah-melalui-media.html