POLA KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS PLURALITAS MAHASISWA DI KAWASAN PEMUKIMAN WARGA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KAWASAN PERUMAHAN ASABRI RW IX KELURAHAN SAWOJAJAR KECAMATAN SAWOJAJAR KOTA MALANG)

Dessy Ningrum Eka Purnama Sari, Indria Kristiawan

Abstract


Penelitian ini mengkaji bentuk keterampilan sosial dan cara mahasiswa memanajemen konflik berbasis pluralitas di kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan studi kasus pada mahasiswa yang tinggal dikawasan pemukiman warga khususnya Perumahan Asabri RW IX kelurahan Sawojajar Kecamatan Sawojajar Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk 1)melihat keterampilan sosial yang dimiliki mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat diluar lingkungan universitas, 2) Pola manajemen konflik mahasiswa di lingkungan tempat tinggal sementara yaitu di pemukiman warga kota Malang, notabene mahasiswa merupakan masyarakat plural berasal dari berbgai daerah di Indonesia. Hasil penelitian berupa aktivitas kesehaarian mahasiswa dalam berinteraksi dilingkungan belajar serta dilingkungan tempat tinggal sementaranya, dan upaya dalam memanajemen konflik berbekal keterampilan sosial yang dimiliki mahasiswa.

Keywords


Keterampilan Sosial, Manajemen Konflik, dan Pluraritas.

References


Anonim. 2010. Pluralis- Wacana Pluralisme Indonesia. http://fianroger.wordpress.com Caldarella, Paul & Merrel, Kenneth. W. (1998). A child and adolescent social skills. Taxonomy. Utah: Utah State University

Davis Miles And Micahel Huberman, Qualitative Research, Sage Publications, New York, USA, 1998.

Dana, Daniel. 2006. Resolusi Konflik : Alat Bantu Mediasi untuk Kehidupan Kerja Seharihari. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.

Gimpel, G. A., & Merrel, K. W. 1998 .Social Skills of Children and Adolescents : Conceptualization, Assessment, Treatment.Mahwah, NJ : Erlbaum

Kartodirdjo, Sartono. 1977. Masyarakat Kuno Dan Kelompok-Kelompok Sosial. Jakarta: Bhratara Karya Aksara

Knitter, Paul F.Satu Bumi Banyak Agama.1995. PT BPK Gunung Mulia. Jakarta. Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana

Manchaster Open Learning. 1997. Management Action Guide (Mengendalikan Konflik dan Negosiasi) Gramedia: Jakarta

Lytle, G.W. & Camphbell, N.J. (2008). Do special programs affect the social status of the gifted. Peabody journal of education. 80, 93-97

Moelong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remadja Karya

Novita, Sari. 2010.Pengaruh Social Stories Terhadap Keterampilan Sosial Anak Dengan Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Studi Eksperimental Desain Kasus Tunggal Di Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang. Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No.2 page 102-116. Bulan Oktober.Semarang.

PNPM Mandiri . 2003. Modul Fasilitator Manajemen Konflik. PNMP Mandiri Perkotaan William Hendricks. 2000. Bagimana Mengelola Konflik (Petunjuk Praktis untuk Manajemen Konflik yang Efektif) Bumi Aksara: Jakarta

Wati, 2012. Hubungan Keterampilan Sosial dengan Korban Bulying di Sekolah Dasar. Uniersitas Muhammadiyah. Surakarta.

Winardi. 1994. Manajemen Konflik : Konflik Perubahan dan Pengembangan. Penerbit Mandar Maju. Bandung.

Wirawan. 2010. Konflik dan Manajemen Konflik (Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta : Salemba Humanika