PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN STAF PEMERINTAHAN NAGARI KOTO KACIAK KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM DALAM MENGELOLA SISTEM INFORMASI PERKANTORAN MODERN

Siska Sasmita

Abstract


Gerakan kembali ke nagari yang diinisiasi melalui pemberlakuan undang-undang nomor 22 tahun 1999 membawa beragam implikasi bagi Sumatera Barat. Hal ini tidak semata terkait dengan perwujudan otonomi nagari namun juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (terutama aparatur nagari) agar sejalan dengan cita-cita otonomi daerah. Untuk itu kegiatan peningkatan wawasan dan keterampilan staf pemerintahan nagari dalam mengelola sistem informasi perkantoran modern dirasa sangat perlu mengingat efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat nagari dapat terwujud diantaranya melalui dukungan penguasaan teknologi infomasi. Sekaitan dengan itu, Tim PKM IPTEKS Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNP melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada Staf Pemerintahan Nagari Koto Kaciak. Kegiatan ini memperoleh apresiasi positif dari para peserta yang mengharapkan keberlangsungan kegiatan mengingat relevansi materi serta keterampilan yang diberikan terhadap kebutuhan staf pemerintahan nagari dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya.

Keywords


sistem informasi, perkantoran modern, pemerintahan nagari.

Full Text:

PDF

References


Asmawi.(2006). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Pemerintahan Nagari dalam Alfan Miko (Ed.). Pemerintahan Nagari dan Tanah Ulayat. Padang: Andalas University Press.

Bakaruddin Rosyidi. (2006). Good Governance dan Capacity Building dalam Membangun Sistem Pemerintahan Nagari di Sumatera Barat dalam Alfan Miko (Ed.). Pemerintahan Nagari dan Tanah Ulayat. Padang: Andalas University Press.

Bhatia, R.C. (2005). Principles of Office Management. New Delhi: Lotus Press.

Makhdum Priyatno dan Anwar Sanusi. (2004). Teknologi Informasi dalam Kepemerintahan. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Moekijat. (1997). Administrasi Perkantoran. Bandung: CV. Mandar Maju

Muhammad Fakhri Husein dan Amin Wibowo. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta:UPP STM YKPN.

Sjahmunir. (2006). Pemerintahan Nagari dan Desa serta Perkembangannya di Sumatera Barat dalam Alfan Miko (Ed.). Pemerintahan Nagari dan Tanah Ulayat. Padang: Andalas University Press.

Soetrisno dan Brisma Renaldi. (2003). Manajemen Perkantoran Modern. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 80 tahun 2012 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Instansi Pemerintah.

Peraturan Daerah Sumatera Barat Nomor 9 tahun 2000 tentang Ketentuan Pokok Pemerintahan Nagari.