KONTRIBUSI KEKUATAN KARAKTER (CHARACTER STRENGTH) TERHADAP KOMITMEN PADA ORGANISASI KARYAWAN HOTEL BINTANG 4 DAN 5 DI KOTA BANDUNG

Dewi Sartika, Oki Mardiawan

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk meneliti tentang seberapa besar kontribusi kekuatan karakter terhadap komitmet organisasi pada karyawan hotel bintang 4 dan 5 di Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya keluhan beberapa manajemen hotel, khususnya bitang 4 dan 5 tentang banyaknya karyawan yang keluar masuk (turn over) di hotel mereka.. Selanjutnya peneliti mencoba menghubungkan komitmen organisasi pada karyawan di hotel bintang 4 dan 5 tersebut dengan kekuatan karakter. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori kekuatan karakter yang dikembangkan oleh Seligman dan komitmen organisasi yang dikembangkan oleh Mowday, Porter, dan Steers. Adapun metoda penelitian yang digunakan adalah metode korelasi linear dengan teknik analisa statistik multiple regresi, untuk mendapatkan nilai kontribusi variable satu terhadap variable dua. Adapun untuk hasil penelitian, secara menyeluruh menunjukan bahwa kekuatan karakter tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap komitmen organisasi pada karyawan. Namun demikian, pada karyawan non manajerial, menunjukan bahwa terdapat beberapa kekuatan karakter berkontribusi terhadap komitmen organisasi karyawan, yang diantaranya openmind, forgiveness, spirituality, creativity dan leadership.

Keywords


kekuatan karakter, komitmen organisasi, karyawan hotel

Full Text:

PDF

References


Charles R. Milton, 1981, Human Behavior in Organizations : Three Levels of Bahavior, Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs, N.J. 07632

Peterson, C.& Seligman, M.E.P (2004). Character strengths and virtues; A handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.

Porter, L.W.,Crampon, W. & Smith, F. (1976). Organizational commitment and managerial turnover: A longitudinal study. Organizational Behavior and Human Performance

Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, 2007, Organizational Behavior, USA, Pearson Education Inc.

Seligman, M. (2002). Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfillment. New York: The Free Press.

William C. Compton, 2005, An Introduction to Posotive Psuchology, Thomson Wadsworth, Belmont, USA

W. Lawrence Neuman, 1991, Social Research Methods, A Person Education Company, USA.