PETA PRAKTIK AKUNTANSI PADA UKM DI KOTA PALEMBANG

Sandrayati Dewa Saputra, Nelly Masnila, Yulianasari Yulianasari

Abstract


Akuntansi merupakan suatu alat atau proses yang digunakan untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan suatu usaha agar dapat digunakan oleh pemilik usaha untuk melihat hasil dan perkembangan usahanya. Dari hasil dan perkembangan usaha tersebut dapat dilakukan analisis lebih lanjut mengenai rencana dan tindakan di masa akan datang yang akan dilakukan oleh pemilik atau pelaku usaha. Catatan akuntansi yang diperlukan UKM relatif lebih sederhana. Namun demikian, Di Indonesia, pencatatan/penerapan akuntansi pada usaha kecil dan menengah (UKM) relatif masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi kondisi UKM dan praktik akuntansi yang dilakukan UKM di kota Palembang. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi informasi terkait, dan penyebaran daftar pertanyaan (checklist). Analisis dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan tabel adat grafik dalam penyajiannya.

Keywords


catatan keuangan, akuntansi, UKM

Full Text:

PDF

References


Furqan, Andi Chairil dan Karim, Fikry. 2012. Problematika Praktik Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) serta Keterkaitannya Terhadap Akses Kredit. Publikasi internet.

Rudiantoro, Rizki dan Siregar, Sylvia Veronika. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UKM serta Prospek Implementasi Sak ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol 9. N0. 1. Juni 2012.

Wati, Evi Emilia. 2011. Persepsi Para Pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Terhadap Penerapan Akuntansi. Skripsi. Tidak dipublikasikan.