PENGALAMAN FLOW: MENGANTARAI KESUKSESAN AKADEMIK DAN ORGANISASI

Dewi Rosiana, Indri Utami Sumaryanti, Fanni Putri Diantina, Adinda Dwi, Fajrina Fajrina, Ega Putri Dwiyanti, Eka Novita, Nadia Husna, Tazkia Syifa Mills

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang psikologi pendidikan. Variabel yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari Variabel : college student engagement (flow). Penelitian menggunakan tinjauan framework flow theory (Csikszentmihalyi, 1990). Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui gambaran College Student Engagement mahasiswa Unisba dalam aktivitas organisasi mahasiswa dan aktivitas akademik. Tujuan selanjutnya adalah mengidentifikasi variabel-variabel psikologis lain yang berkorelasi atau berpengaruh pada terjadinya flow. Studi ini fokus pada bagaimana mahasiswa menggunakan waktunya di aktivitas belajar dan aktivitas organisasi pada kondisi saat mereka engaged dalam belajar dan organisasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan survey, dan menggunakan cross sectional design. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur flow dalam penelitian ini yaitu menggunakan: kuisioner flow short scale.

Keywords


College Student Engagement, Flow Theory, Mahasiswa, Aktivitas Organisasi

Full Text:

PDF

References


Berg, R. A. (2009). Social Constructions of Creativity in a Middle School Math Classroom. [Online]. Tersedia: http://www.jrrb.com/examples/SocialConst_ Creativity. pdf. [9 Mei 2008]

Briggs, M dan Davis, S. (2008). Creative Teaching Mathematics in the Early Years and Primary Classrooms. New York: Madison Ave.

Depdiknas (2004). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. [Online]. Tersedia: http://sunardi.blog.unej.ac.id/files/2009/03/ kbkmatemati kasmp2.pdf. [5 Januari 2010]

Innabi, H. (2003) Aspect of Critical Thinking in Classroom Instruction of Secondary School Mathematics teacher in Jordan. Procceding of the International Conference Mathematics Education.

Mann, E. L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi pada University of Connecticut. [Online]. Tersedia: http://www.gifted. uconn.edu/Siegle/Dissertations/Eric%20Mann.pdf. [15 November 2007]

Matlin, M. W. (2003). Cognition (Fifth Edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press

Nakin, J. B. N. (2003). Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi Pada University of South Africa. [Online]. Tersedia: http://etd.unisa.ac.za/ETD-db/theses/available/etd-04292005-151805/ unrestricted/00thesis.pdf. [7 Januari 2008]

Pehnoken, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 63 – 67. Tersedia: http://www.emis.de/journals/ ZDM/zdm973a1. pdf. [13 Desember 2008]

Ruseffendi, H. E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sabandar, J. (2006). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Makalah: tidak diterbitkan.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 75 – 80. Tersedia: http://www.emis.de/ journals/ZDM/zdm973a3.pdf. [15 Januari 2008]

Suryadi. D (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi pada PPS UPI: tidak diterbitkan.

Yani Ramdani (2013), Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa, Laporan Hasil Penelitian.