Penyuluhan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Perangkat Desa di Cileungsi Kidul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Abstract
Tri Dharma perguruan tinggi merupakan landasan yang harus dijalankan
oleh setiap insan yang beraktivitas dalam dunia pendidikan tinggi. Salah satu
pilarnya adalah pengabdian kepada masyarakat. Penyuluhan dilakuakn untuk dapat
meningkatkan kualitas pelayanan perangkat desa terhadap masyarakatnya. Materi
penyuluhan meliputi; manajemen kinerja, mikroekonomi dalam pelaksanaan
kebijakan publik, manajemen konflik dan dan model motivasi diri. Indikator
keberhasilan penyuluhan dilihat dari Prosentase tingkat kepuasan warga dan
perangkat desa, antusiasme yang tinggi dari warga dan perangkat desa, feed back
dari warga dan perangkat desa, partisipasi aktif dari warga dan perangkat desa
dalam proses tenya-jawab, kesan kebersamaan yang tinggi, kesan membutuhkan
informasi ilmiah yang tinggi dari segenap warga dan perangkat desa, serta
sambutan yang hangat dan kuat dari kepala desa dan sekdes. Materi yang
disampaikan dinyatakan 88,9% puas, teknik penyuluhan dinilai 88,9% puas,
manfaat penyuluhan dinilai 66,7% puas dan pendekatan personel tim penyuluh
dinilai 72,2% menyatakan puas. Banyak masukan materi yang diinginkan oleh
perangkat desa dan masyarakat setempat untuk penyuluhan tahap selanjutnya
oleh setiap insan yang beraktivitas dalam dunia pendidikan tinggi. Salah satu
pilarnya adalah pengabdian kepada masyarakat. Penyuluhan dilakuakn untuk dapat
meningkatkan kualitas pelayanan perangkat desa terhadap masyarakatnya. Materi
penyuluhan meliputi; manajemen kinerja, mikroekonomi dalam pelaksanaan
kebijakan publik, manajemen konflik dan dan model motivasi diri. Indikator
keberhasilan penyuluhan dilihat dari Prosentase tingkat kepuasan warga dan
perangkat desa, antusiasme yang tinggi dari warga dan perangkat desa, feed back
dari warga dan perangkat desa, partisipasi aktif dari warga dan perangkat desa
dalam proses tenya-jawab, kesan kebersamaan yang tinggi, kesan membutuhkan
informasi ilmiah yang tinggi dari segenap warga dan perangkat desa, serta
sambutan yang hangat dan kuat dari kepala desa dan sekdes. Materi yang
disampaikan dinyatakan 88,9% puas, teknik penyuluhan dinilai 88,9% puas,
manfaat penyuluhan dinilai 66,7% puas dan pendekatan personel tim penyuluh
dinilai 72,2% menyatakan puas. Banyak masukan materi yang diinginkan oleh
perangkat desa dan masyarakat setempat untuk penyuluhan tahap selanjutnya
Keywords
penyuluhan, program pengabdian pada masyarakat, kualitas perangkat desa
Full Text:
PDFReferences
Ghozali, Imam (2006) Statistik Non-parametrik. Badan Penerbit Universitas
Diponegoro, Semarang.
Taufik, (2002) Mikroekonomi untuk Kebijakan Publik, Pustaka Petronomika, Jakarta