Penyesuaian Akademis Mahasiswa Tingkat Pertama

Dewi Rosiana

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kemampuan penyesuaian akademis
mahasiswa tingkat pertama di fakultas psikologi Unisba. Subjek penelitian sebanyak
141 orang mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner penyesuaian
akademis yang dibuat oleh Prasetyawati tahun 2003. Terdapat sepuluh aspek yang
diukur yaitu kepemimpinan, kemasyarakatan, ketahanan, keterlibatan terhadap
tugas, kepercayaan diri akademis, kepercayaan diri sosial, lokus kontrol internal,
kepercayaan pengembangan diri, hubungan dengan dosen, hubungan dengan teman
sebaya.

Keywords


Penyesuaian, akademis

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. C., Elias, H., Mahyuddin, R. & Uli, J. (2009), “Adjustment amongst First

Year

Students in a Malaysian University,†European Journal of Social Sciences, Vol. 8 No. 3,

pp. 496-505.

Adler, J., Raju, S., Beveridge, A. S., Wang, S. Zhu, J. & Zimmermann, E. M (2008),

“College Adjustment in University of Michigan Students with Crohn’s and

Colitis,†Inflammatory Bowel Diseases, Vol. 14 No. 9, pp. 1281-1286.

Gardner & Jewler. (1985). College Is Only The Beginning, As Student Guide To Higher

Education. California : Wadswort Publishing Company.

Prasetyawati, Wuri. (2003). Penyusunan Alat Ukur Penyesuaian Diri Akademis Bagi

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Tugas Akhir Fakultas

Psikologi Universitas Indonesia, Depok.

Rosiana, Dewi. Sumaryanti, Indri.U. Diantina, Fanni.P. 2010. Strategi Peningkatan

Prestasi Belajar Melalui Pembinaan Terpadu Berbasis Self-Regulated Learning

Pada Mahasiswa Berprestasi Rendah Di Kodya Bandung. Proceeding

Konferensi Psikologi Eksperimen di Universitas Gajah Mada, 27 Januari 2010.

Santrock, J.W. (2004). Life Span Development. University Of Texas. Dallas:

Wm.C.Brown Publisher

Strange, A., & Brandt, T. S. (1999). Authoritative parenting and college students’

academic adjustment and success. Journal of Educational Psychology, 91(1),

-156.