Penyesuaian Akademis Mahasiswa Tingkat Pertama
Abstract
mahasiswa tingkat pertama di fakultas psikologi Unisba. Subjek penelitian sebanyak
141 orang mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner penyesuaian
akademis yang dibuat oleh Prasetyawati tahun 2003. Terdapat sepuluh aspek yang
diukur yaitu kepemimpinan, kemasyarakatan, ketahanan, keterlibatan terhadap
tugas, kepercayaan diri akademis, kepercayaan diri sosial, lokus kontrol internal,
kepercayaan pengembangan diri, hubungan dengan dosen, hubungan dengan teman
sebaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. C., Elias, H., Mahyuddin, R. & Uli, J. (2009), “Adjustment amongst First
Year
Students in a Malaysian University,†European Journal of Social Sciences, Vol. 8 No. 3,
pp. 496-505.
Adler, J., Raju, S., Beveridge, A. S., Wang, S. Zhu, J. & Zimmermann, E. M (2008),
“College Adjustment in University of Michigan Students with Crohn’s and
Colitis,†Inflammatory Bowel Diseases, Vol. 14 No. 9, pp. 1281-1286.
Gardner & Jewler. (1985). College Is Only The Beginning, As Student Guide To Higher
Education. California : Wadswort Publishing Company.
Prasetyawati, Wuri. (2003). Penyusunan Alat Ukur Penyesuaian Diri Akademis Bagi
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Tugas Akhir Fakultas
Psikologi Universitas Indonesia, Depok.
Rosiana, Dewi. Sumaryanti, Indri.U. Diantina, Fanni.P. 2010. Strategi Peningkatan
Prestasi Belajar Melalui Pembinaan Terpadu Berbasis Self-Regulated Learning
Pada Mahasiswa Berprestasi Rendah Di Kodya Bandung. Proceeding
Konferensi Psikologi Eksperimen di Universitas Gajah Mada, 27 Januari 2010.
Santrock, J.W. (2004). Life Span Development. University Of Texas. Dallas:
Wm.C.Brown Publisher
Strange, A., & Brandt, T. S. (1999). Authoritative parenting and college students’
academic adjustment and success. Journal of Educational Psychology, 91(1),
-156.