Penggunaan Program Excel untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi

Kania Nurcholisah, Helliana Helliana, Nurhayati Nurhayati, Nunung Nurhayati

Abstract


Mata kuliah pengantar Akuntansi adalah mata kuliah yang diberikan
kepada mahasiswa baru yang masuk diprogram studi akuntansi, disamping itu mata
kuliah akuntansi juga merupakan disiplin ilmu akuntansi yang memiliki dimensi
teoritik konseptual dan dimensi terapan. Keahlian dalam bidang akuntansi yang
menuntut penguasaan teori yang berlaku dan kemampuan mengaplikasikan dalam
praktik baik secara manual atau secara komputerisasi. Selain itu juga,
perkembangan bidang akuntansi sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi
informasi. Oleh karena itu, tuntutan keahlian praktik secara komputerisasi
merupakan sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi bagi keahlian lulusan dari
program studi akuntansi, perlu adanya penggunaan metode perkuliahan yang
mengintegrasikan teknologi informasi khususnya diperkenalkan pada mahasiswa
semester awal dalam proses perkuliahan mata kuliah Pengantar Akuntansi
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen (Eksperimental
Method). Berdasarkan hasil dalam indikator kinerja dapat dilihat bahwa nilai ujian
tengah semester, dan ujian akhir semester yang dicapai oleh mahasiswa yang
menerima metoda pembelajaran Pengantar Akuntansi I dengan menggunakan
program excel lebih tinggi daripada yang dicapai oleh mahasiswa yang menerima
metoda pembelajaran Pengantar Akuntansi tanpa menggunakan program
excel.Artinya, metoda pembelajaran mata kuliah Pengantar Akuntansi I dengan
menggunakan program excel ternyata mampu meningkatkan pemahaman dan
penguasaan mahasiswa akan materi mata kuliah Pengantar Akuntansi I.

Keywords


Program Excel dan Kualitas Proses Belajar Mengajar

Full Text:

PDF

References


Sadiman, Arief S. Drs., M.Sc dkk, 1984, Media Pedidikan – Pengertian,

Pengembangan dan pemanfaatannya, Seri Pustaka Tekologi Pendidikan No. 6,

Peerbit Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali, Jakarta

Swara, Engko Dr. 1984, Dasar-Dasar Metodologi Pegajaran, Cetakan Pertama,

Penerbit Bina Aksara, Jakarta

Usman, M. User, 2000, Menjadi Guru Profesional, Penerbit PT. Remaja Posdakarya,

Bandung

Colin rose and Malcolm J. Nicholl, 2006, Accelerated learning for the 21st century,

cetakan keempat, Penerbit Nuansa, Bandung.

Valentine Elisabeth, 1993, â€Accelerated learningâ€, New zeala

Nunung, Modul Aplikasi KomputerAkuntansi, Unisba, Bandung 2010

Horngren, Harrison, 2002, Akuntansi, Jakarta, Edisi 7 , Penerbit Erlangga