REVITALISASI UKM KOPI LUWAK MENUJU PASAR EKSPOR

Nedi Hendri, Suyanto Suyanto

Abstract


Kopi luwak merupakan produk kopi yang tergolong langka karena harus melalui proses fermentasi di dalam perut binatang luwak. Lampung Barat merupakan sentra penghasil kopi luwak terbesar di Provinsi Lampung yang terletak di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit. Mutu dan kualitas produk kopi luwak daerah ini merupakan kopi luwak terbaik kedua dunia. Namun berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan bersama Mitra UKM Kopi Luwak didapatlah informasi bahwa untuk menembus pasar ekspor/dunia tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kendala yang dihadapi cukup kompleks sehingga membutuhkan bantuan intervensi semua pihak secara bersama dan terkoordinasi. Permasalahan yang muncul dari beberapa aspek, yaitu; aspek Produksi, SDM, Manajemen, Finansial, Jaminan Mutu dan Strategi Pemasaran. Permasalahan yang paling pokok untuk menembus ekspor adalah adanya persyaratan Sertifikasi Keaslian Produk yang sampai saat ini belum jelas proses perolehannya. Metode dan Sasaran yang dilakukan pada kegiatan Program IbPE selama 3 tahun adalah sebagai berikut: 1). Melengkapi dan memperbaiki peralatan yang digunakan dalam proses produksi kopi luwak guna memenuhi kebutuhan dan standar ekspor; 2). Pendampingan pembuatan Sertifikasi Keaslian Produk; 3). Pendampingan dalam pengurusan dokumen badan hukum dan dokumen ekspor lainnya; 4). Melakukan pelatihan dan pendampingan kegiatan produksi, pengemasan, hingga pemasaran ke luar negeri.

Keywords


IPTEKS, Masyarakat, Produk Ekspor, Kopi Luwak dan Way Mengaku

Full Text:

PDF

References


Hanifah N., Kurniawati, D. (2013). Pengaruh Larutan Alkali dan Yeast Terhadap Kadar Asam, Kafein, dan Lemak Pada Proses Pembuatan Kopi Fermentasi. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, Vol 2, No. 2.

Salamah, S.K.L.M.Z. (2014). Peluang, Hambatran, dan Kebijakan Ekspor Kopi Indonesia Ke Pasar Amerika Serikat. eJournal Ilmu Hubungan Internasional. Vol 3(1). 169-180

Warta Ekspor. Pesona Kopi Luwak.

http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/admin/docs/publication/1551390367153.pdf

Winantara, I, M.Y., Bakar, A., Puspitaningsih, R. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Kopi Luwak di Bali. Reka Integra. No.03 (2).