PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) MELALUI TWITTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA STEAK RANJANG BANDUNG

Harnita Putri, Widya Sastika

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon konsumen mengenai pelaksanaan Electronic Word of Mouth (e-WOM) pada Steak Ranjang serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) melalui Twitter terhadap minat beli konsumen pada Steak Ranjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal dengan sifat kuantitatif. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang mengetahui Steak Ranjang melalui Twitter dengan jumlah 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, serta menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran. Bedasarkan hasil penelitian, hasil presentase untuk Electronic Word of Mouth (e-WOM) sebesar 73,91% yang termasuk ke dalam kriteria baik. Variabel Minat Beli sebesar 77,47% dan termasuk ke dalam kriteria baik. Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Steak Ranjang yaitu sebesar 64,9% dan sisanya 35,1% tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


electronic word of mouth (e-WOM), e-WOM quality, e-WOM quantity, sender’s expertise, minat beli

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arwiedya, Mochamad Rizky. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi,Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia. Jurnal Ekonomi.

Aziz, Kartika Alvianty. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli pada Konsumen Warunk UpNormal. Bandung.

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Cet I: Satu Nusa.

Gillani, Fatima. (2012). Impact of Peer Pressure and Store Atmosphere on Purchase Intention: An Empirical Study on The Youngsters in Pakistan. ISSN: 2222-6990.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hermawan, Agus.(2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Jeong, EunHa dan SooCheong (Shawn) Jang. (2011). Restaurant Experiences Triggering Positive Electronic Word of Mouth (e-WOM) Motivations. International Journal of Hospitality Management 30 (2011) 356 – 366.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Principles of Marketing. 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14 edition. New Jersey: Pearson.

Lin, Chinho, Yi Shuang Wu, Jeng-Chung Victor Chen. (2013). Electronic Word of Mouth: The Moderating Roles Of Product Involvement And Brand Image. Thailand.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prastyo, Kutut. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Twitter Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Cepat Saji Hoka – Hoka Bento. Malang.

Putra, Yoko Aldino. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth Indonesia Air Asia Melalui Twitter Terhadap Keputusan Pembelian Tahun 2014. Bandung.

Strauss, Judy and Raymond Frost. (2012). E-Marketing, 6th Edition. New Jersey: Pearson.

Saefullah, Asep dan Sudaryono. (2012). Statistik Deskriptif – Langkah Mudah Analisis Data. Yogyakarta, C.V Andi Offset.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sunyoto, Danang. (2013). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Konsep, dan Psikologi Bisnis. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tseng, Yee-Chy, Ruey-Dang, Chang Chun-Ju. (2012). The Effects Of Webtrust Assurance On Consumers' Web Purchase Decisions: An Experiment, Online Information Review, Vol. 36 Iss 2 pp. 218-240. Taiwan.

Zarella, Dan. (2011). The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta.