INTEGRASI PROSES PEMBELAJARAN RUMPUN MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI KEAGAMAAN DI SMA IT AL-MULTAZAM KUNINGAN (STUDI KASUS KELAS XI IPA)

Nan Rahminawati, Ilisya P Indrasari

Abstract


Pendidikan Islam di Indonesia masih bersifat dikotomi, dimana materi pelajaran umum dipisahkan dengan materi keagamaan. Kondisi ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang berfungsi sebagai ‘khalifah’ dan juga ‘abd’. Dikotomi dapat dihilangkan dengan konsep integrasi dalam proses pembelajaran yang ternyata sudah diterapkan di SMA IT Al-Multazam Kuningan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai perencanaan, langkah-langkah, serta penilaian yang dilakukan oleh guru rumpun mata pelajaran IPA di kelas XI IPA SMA IT Al-Multazam Kuningan dalam proses pembelajaran terintegrasi antara mata pelajaran rumpun IPA (Fisika, Kimia, Biologi) dengan materi keagamaan. Metode penelitian yang dikembangkan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam semiterstruktur, observasi partisipatif moderat, angket deskriptif, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan, langkah-langkah, dan teknik penilaian yang dilakukan oleh guru rumpun mata pelajaran IPA dalam proses pembelajaran terintegrasi dengan materi keagamaan masih belum secara utuh dilakukan dalam setiap komponennya.

Keywords


Proses Pembelajaran, integrasi, mata pelajaran rumpun IPA dan materi keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Deni Kurniawan. (2011). Pembelajaran Terpadu: Teori, Praktek, dan Penilaian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Harun Rasyid, dan Mansur, (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung:Wahana Prima

Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nasution. (1988). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Trianto, (2010), Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.