ANALISIS DESKRIPTIF TENTANG TINGKAT KEPUASAN PESERTA PESANTREN MAHASISWA UNISBA

Fitroh Hayati, Ayi Sobarna, Mira Maesaroh

Abstract


Semakin banyaknya perguruan tinggi yang bermunculan menjadikan calon mahasiswa akan semakin banyak pilihan. Pilihan calon mahasiswa akan jatuh kepada perguruan tinggi yang memberikan kepuasan dalam pelayanan. Menghadapi situasi ini, setiap perguruan tinggi ditantang untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik seiring dengan upaya mencapai visi masing-masing. Universitas Islam Bandung (Unisba), sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid, mendapat tantangan tersebut. Untuk itu, Unisba perlu memberikan pelayanan terbaik termasuk dalam kegiatan pesantren mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta terhadap unsur-unsur kepuasan yang meliputi tangibles, reliability, assurance, empathy.pelayanan pesantren mahasiswa pada tahap pendaftaran, upacara pembukaan, sarana dan pra sarana asrama, keamanan dan pelayanan konsumsi. Penelitian ini menggunakan metode survey jenis cross-sectional survey. Responden berjumlah 462, diambil secara purposif dari populasi 2262 peserta pesantren mahasiswa (standar deviasi 0,04%, yang berarti tingkat kepercayaan terhadap hasil survey ini adalah 96%. Tingkat kepuasan tertinggi dirasakan peserta (dengan range 1-5) dalam hal kehadiran petugas pendaftaran sebesar 3,54, disusul kemudian oleh kemudahan dalam mengetahui gelombang pesantren (3,51), kemudian kecukupan waktu antara pemberian informasi ke pelakasanaan pendaftaran (3,40), , dan kepuasan terendah adalah keramahan petugas pendaftaran (2,07).

Keywords


Tingkat Kepuasan, tangibles, reliability, assurance, empathy.

Full Text:

PDF

References


Agustini, Prima Mulyasari, dalam Mimbar: Jurnal Sosial dan pembangunan Volume XXIV, No. 2,2008: 110-111).

Endarmoko, Edi (2007). Tesaurus Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka, Jakarta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI Nomor 25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Penyusunan Tingkat Kepuasan Masyarakat

Kerangka Rencana Strategis Universitas Islam Bandung (2013-2017)

Koltko, Mark E-Rivera (2006). Rediscovering The later Version of Maslow’s Hierarchy of Needs: Self Trancendence and opportunities fot Theory, Research and Unification dalam Review of General Psychology (Psycnet.apa.org)

Kotler, Philip dkk. (2000). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Perason

Education Asia-Penerbit Andi, Yogyakarta.