PENGARUH INTENSITAS MORAL KONSENSUS SOSIAL BESARAN KONSEKUENSI DAN KEDEKATAN TERHADAP INTENSI KEPERILAKUAN (STUDI SITUASI ETIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI)

Nikmatuniayah Nikmatuniayah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji dan memberi bukti empiris tentang dampak Konsensus Sosial, Besaran Konsekuensi, dan Kedekatan Sosial terhadap intensi keperilakuan seseorang dalam situasi etis penggunaan sistem informasi. Sampel adalah mahasiswa akuntansi Politeknik Negeri Semarang yang sudah mengikuti mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi, Pengauditan, dan Sistem Informasi Akuntansi.Kuesioner yang disebarkan berjumlah 125 kuesioner dengan tingkat pengembalian 0,95%. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang didasarkan pada dua skenario yang diberikan kepada subjek.Data dianalisis dengan analisis regresi dengan bantuan program SPSS. Uji koefisien determinasi digunakan untuk melihat ketepatan model penelitian dengan melihat nilai R Square yang dimiliki oleh model. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh tiap-tiap variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan, bahwa konsensus sosial berpengaruh secara negatif terhadap intensi keperilakuan seseorang. Sebaliknya Besaran Konsekuansi dan Kedekatan Sosial tidak berpengaruh secara positif dengan intensi keperilakuan seseorang. Hal ini menandakan masih permisifnya di kalangan pemakai TI dalam hal pembajakan teknologi informasi.

Keywords


Konsensus Sosial, Besaran Konsekuensi, Kedekatan Sosial, Intensi Keperilakuan, Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


Budi, Sasongko. Internal Auditor dan Dilema Etika. www.the akuntan.com

Clark, C.K (2003),â€Reviewing the value ethic educationâ€. Pennsylvania CPA Journal. Vol. 74. No.2. p18

Jones, T.M (1991), “Ethical decision making by individuals in organizations: an issues-contingent modelâ€. Academy of Management Review, Vol.16. pp.366-395.

Lim, Harry.1999. Security; 5 kesalahan utama dalam security. www.google 1999.

IAPI. (2008). Kode Etik profesi Akuntan Publik, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Peslak, Alan R (2006), â€Ethic and Analysis of information Sciencesâ€. Working paper. Information sciences and technology , Peen State University.

Rianto, Arvita, (2008) , †Analisis Sensitivitas Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakartaâ€, Skripsi fakultas Ekonomi Universitas Islam IndonesiaYogyakarta

Shafer, W.E. RE Morris, and A.A Kectchand, (2001), “Effects of personal valueson auditors’ ethical decisionâ€. Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol.14, No. 3.

Straub, Detmar, Marie-Claude. B., and David Geven (2004), “Validation Guidelines for IS Positivist Researchâ€. Working Paper. CAIS (forthcoming).

Singhapakdi, A., S. J. Vitell and K. L. Kraft (1996), “Moral Intensity and Ethical Decision-Making of Marketing Professionalsâ€. Journal of Business Research. 36. pp. 245-255.