RESEPSI KHALAYAK PROGRAM ACARA KULIAH SUBUH DALAM MEREPRESENTASIKAN KEKUATAN EKSISTENSI RRI PRO 1 BANDUNG SEBAGAI RADIO PUBLIK

Amalia Setiawati

Abstract


Perbedaan antara makna antara khalayak dan teks di media adalah salah satu alasan untuk melakukan penelitian ini. Dengan pendekatan analisis penerimaan penonton dalam metode kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan penonton terhadap program radio Kuliah Subuh yang disiarkan di RRI Pro 1 Bandung, juga untuk mencari program mana yang mewakili kekuatan eksistensi. RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran radio publik. Pertanyaan utama dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Program Kuliah Subuh mewakili keberadaan RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran publik oleh pihak pengkodean; (2) Bagaimana Program Kuliah Subuh mewakili keberadaan RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran publik di sudut pandang khalayak; (3) Bagaimana posisi encoding untuk decoding dalam Program Kuliah Subuh untuk mewakili keberadaan RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran publik. Teori untuk menganalisa penelitian ini adalah teori penerimaan teori sebagai landasan pemikiran dalam penelitian ini; Teori konstruktivistik untuk melihat-lihat kognisi dan aspek sosio-kulturalnya; Teori Encoding-Decoding untuk melihat bagaimana proses pengkodean dan decoding / penerimaan penonton menciptakan representasi kekuatan RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran radio publik. Data penelitian ini dikumpulkan oleh Focus Group Discussion dengan empat encoders sebagai tim pencipta teks, berpengalaman lebih dari satu tahun dalam program tersebut dan juga karyawan di RRI Bandung; lima informan kunci sebagai dekoder atau pendengar aktif yang hadir hingga dua tahun dalam program tersebut. Menurut sudut pandang encoder dan penerimaan penonton, hasilnya menunjukkan bahwa keberadaan kekuatan RRI Pro 1 Bandung sebagai penyiaran radio publik diwakili oleh kekuatan kredibilitas dan kepribadian Ustadz Shoimun sebagai sumber program itu dan juga disana. kesamaan penerimaan antara encoder dan decoder tentang representasi keberadaan dalam program itu.


Keywords


Encoding, Audience, Reception, Representation, Kuliah Subuh

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2010. Perbandingan Madzhab. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Abidin. Zainal. 2003. Filsafat Manusia Memahami Manusia Melalui Filsafat. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Alfan. Muhammad. 2013. Filsafat Modern. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Ardianto, Elvinaro & Bambang Q.Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Astuti, Indra, Santi. 2013. Jurnalisme Radio Teori dan Praktik. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Baran dan Davis. 2012. Mass Communication Theory Foundations, Ferment, and Future. 6th Edition. Canada. Wadsworth Cengage Learning.

Bernt D. Rubent, Lea. P. Stewart, Kata Pengantar : Ibnu Hamad. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Edisi Kelima. Jakarta : Rajawali Pers.

Borchers, Timothy. 2006. Rethorical Theory an Introduction. USA. Thomson Wardsworth.

Bungin, Burhan. 2014. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta. Prenadamedia Group.

Bungin, Burhan. 2015. Konstruksi Sosial Media Massa Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter.L.Berger dan Thomas Luckmann. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group

Charles R. Berger, Michael. E. Rollof, David R Roskos-Ewoldsen. Penerjemah : Derta Sri Widowatie. 2015. Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung. Nusa Media.

Creswell. W. John. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Traditions. London. SAGE Publications.

Croteau dan Hoynes. 1997. Media/Society Industries, Images, and Audiences. USA. Pine Forge Press.

Dominick. R. Joseph. 2013. The Dynamics of Mass Communication. 12th Edition. New York. The McGrawHill Companies.

Effendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Citra Aditya Bakti.

Elvinaro, Lukiati, Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Holmes, David. Penerjemah : Teguh Wahyu Utomo. 2012. Teori Komunikasi Madia, Teknologi dan Masyarakat. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Jensen, Jonkowski. 2002. A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Comunication Research. London and New York. Routledge

John Scott, 2012. Teori-teori Sosial Masalah-masalah Pokok dalam Sosiologi. Yogyakarta . Pustaka Pelajar.

John W. Creswell. 2002. Research Design Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : KIK Press

Komara. Endang. 2014. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.

Liliweri. Alo. 2015. Komunikasi Antarpersonal. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Lindolf, Thomasri. 1995. Qualitative Communication Research Methods. USA. Sage Publications.

Little John dan Karen. A. Foss. Penterjemah : Mohammad Yusuf Hamdan. 2014. Teori Komunikasi. Edisi Sembilan. Jakarta. Salemba Humanika

Lubis, Yusuf, Akhyar. 2016. Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Marris, Thornham. 1997. Media Studies A Reader. United Kingdom. Edinburgh University Press.Ltd

McGregor, White. 1990. Reception and Response Hearer Creativity and the Analysis of Spoken and Written Text. London and New York. Routledge.

McQuail. Denis. 2007. Mass Communication Theory. 5th Edition. London. SAGE Publications. Ltd

McQuail. Denis. 2011. Mass Communication Theory. 6th Edition. London. SAGE Publications. Ltd

McQuail. Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa. Buku 1 Edisi 6. Jakarta. Salemba Humanika.

Meleong. J. Lexy. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2014. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Morissan. 2015. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Morissan. Edisi Pertama. 2014. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Mufid, Muhammad. 2012. Etika Filsafat Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : PT. LKIS Pelangi Aksara

Rachmah Ida. 2014. Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Edisi Pertama. Jakarta. Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Cetakan ke-23. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Ritzer, George. Penerjemah : Saut Pasaribu, RH Widada, Eka Adi Nugraha. 2012. Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rivers, Jensen, Peterson. Penerjemah : Haris Munandar dan Dudy Priatna. 2015. Media Massa dan Masyarakat Modern. Edisi Kedua. Jakarta. Prenadamedia Group.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta. Grasindo.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial Buku Sumber Untuk Penelitian Kualitatif, Edisi kedua. Yogyakarta. Tiara Wacana

Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedia Komunikasi (J-O). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : Rieneka Cipta

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Twedana Budi Hapsari. 2013. Khalayak Framing : Peluang Baru dalam Penelitian Khalayak. Jurnal Komunikasi. Vol.1 Nomor 6. Yogyakarta. ASPIKOM.

Virginia Nightingale. 1996. Studying Audience The Shock of The Real. London and New York. Routledge.

Wood. T. Julia. 2006. Communication in Our Lives. Fourth Edition. USA. Thomson Learning Academic Resource Center.

Zakaria. 2006. Etika Hidup Seorang Muslim. Garut. IBN Azka Press.

Krech, Crutchfield dan Ballachey. 1962. Individual in Society: A Textbook of Social Psychology. New York. The McGrawHill Companies.

Referensi Lainnya :

Britta Renner. 2006. Curiosity About People: The Development of a Social Curiosity Measure in Adults. Journal of Personality Assessment. Jacobs Center for Lifelong Learning and Institutional Development. International University Bremen.

Dede Tasmara. 2003. Adab Bergaul. Bagian ke-2. Majalah Al-Qudwah No. 39.

Heuken, SJ, Adolf. 1992. Kamus Jerman Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

KPI. 2012. P3SPS. Komisi Penyiaran Indonesia.

Prisma. Jurnal Pemikiran Sosial Ekonomi. Vol. 34 No.1. 2015. Media dalam Perubahan Zaman. Jakarta. LP3ES

Rakhmat, Jalalludin. Tim Penulis Rosda. 1995. Kamus Filsafat. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Samrin. 2013. Konsep Ilmu Pengetahuan Menurut Al-Gazali Analisis Epistemologi Islam. Jurnal. Vol. 6, No. 2, November 2013

Sobur, Alex. 2016. Kamus Besar Sosiologi. Bandung. Pustaka Setia.

Supriadi. 2000. Hakikat Menuntut Ilmu. Majalah Al-Qudwah No. 10

Tambayong, Yapi. 2013. Kamus Isme-isme Filsafat, Teologi, Seni, Sosial, Politik, Hukum, Psikologi, Biologi, Medis. Bandung. Nuansa Cendekia.

Usman Shalehuddin. 2000. Qur’an lah yang Mempersaudarakan Manusia. Majalah Al-Qudwah. No.10

Referensi Website :

PROFIL RADIO REPUBLIK INDONESIA. http://www.rri.co.id/profil.html (Diakses 03/08/2016)

Kegiatan FGD Aktivitas FGD “Konstelasi Radio sebagai Penguatan Identitas Lokal†Tim Peneliti Pascasarjana Unisba, 16 Juni 2016.

https://twitter.com/kpidjabar1/status/743620053665349632 Diakses 01/08/2016

Prastowo Ragawi. 2014. Sentilan Sentilun : Resepsi Khalayak dan Identitas Keindonesiaan (Sebuah Kajian Khalayak atas Program Televisi Sentilan Sentilun di Metro TV). Tesis. Program Pascasarjana Kajian Budaya dan Media. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=71508&obyek_id=4 Diakses 01/08/2016

Ria Rahmatul Istiqomah. 2014. Interpretasi Khalayak dalam Mengkonsumsi Berita Partai Nasdem di Metro TV. Tesis. Semarang Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwii2POjmrnOAhUHrY8KHcejB4wQFggmMAE&url=http%3A%2F%2Feprints.undip.ac.id%2F43536%2F1%2FCover.pdf&usg=AFQjCNGnYK9I_8Mym7K2H9gGLFwZn96SJA&sig2=TUfcmjAJoRN26z5gW9XGXQ Diakses 02/08/2016

Eunice Eunjung Yoo, Christine N. Buzind. 2011. Gazing Upon the Kingdom, An Audience Reception Analysis of a Televised Travelogue. Annals of Tourism Research, Vol. 39, No. 1, The Pennsylvania State University, USA. http//:booksc.org https://www.mysciencework.com/publication/show/dce8ec90c261b0c40c3cd42d4d8d28ca Diakses 11/11/2016

Bouziane Zaid. 2014. Audience Reception Analysis of Moroccan Public Service Broadcasting. Middle East Journal of Culture and Communication 7. DOI: 10.1163/18739865-00703003 ISSN: 1873-9857 E-ISSN: 1873-9865 Document Type: Research Article. Al Akhawayn University in Ifrane, Morocco. http//:booksc.org http://booksandjournals.brillonline.com/content/journals/10.1163/18739865-00703003 Diakses 11/11/2016

Alisa. 2012. Representation, Meaning and Language. http://ohmissacosta.com/blog/representation-meaning-and-language/ (Diakses 18/01/2017)

René Descartes - Replies to the Objections [by Gassendi] to the Fifth Meditation. https://www.ontology.co/existence.htm (Diakses 19/01/2017)

http://encyclopedia.thefreedictionary.com/Reception+theory (Diakses 18/01/2017)

https://www.vocabulary.com/dictionary/reception (Diakses 22/02/2017)

Audience reception. Content from Wikipedia Licensed under CC-BY-SA. https://www.revolvy.com/main/index.php?s=Audience%20reception&item_type=topic (Diakses 18/01/2017)

Klaus Bruhn Jensen. 2015. JURNAL INTERNASIONAL : Qualitative audience research: Toward an integrative approach to reception. www.booksc.org (Diakses 24/01/2017)

Peter Lunt, 1996. p.79. Rethinking the Focus Group in Media and Communications Research. Journal of Communication, Spring. University College London, and Sonia Livingstone, London, School of Economics and Political Science. www.booksc.org (Diakses 29/03/2017)

Robert Wood Jhonson Fundation. Triangulation. http://www.qualres.org/HomeTria-3692.html (Diakses 21/01/2017)

Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Golongan yang Selamat Hanya Satu. https://almanhaj.or.id/3825-golongan-yang-selamat-hanya-satu.html (Diakses 19/05/2017)

Ani Sumarni. 2017. Kiat Menjadi Guru Terbaik Bagi Anak-anak. http://persis.or.id/pemudi-persis-guru-terbaik-untuk-putra-putrinya/ (Diakses 19/05/2017)

Sudang.el.Sundjawy. 2011. Ihklas : Tanpanya, Amal hanya Sia-sia. https://pwkpersis.wordpress.com/2011/12/06/ikhlas-tanpanya-amal-hanya-sia-sia/ (Diakses 21/05/2017)

Kukuh Herdianto. 2010. Peran dan Fungsi Komunikasi Massa. http://belajar-komunikasi.blogspot.co.id/2010/12/peran-dan-fungsi-komunikasi-massa.html (Diakses 05/04/2017)