PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RAMEN “X†KOTA BANDUNG TAHUN 2016

Geny Syahdiany, Fanni Husnul Hanifa

Abstract


Perkembangan bisnis di Indonesia menunjukkan keberhasilan yang pesat terutama dalam bidang industri makanan. Saat ini, banyak ditemukan restoran yang menghadirkan berbagai macam pilihan bagi para konsumen. Salah satunya adalah Restoran yang menyediakan ramen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap citra merek, harga, dan keputusan pembelian serta pengaruh secara parsial dan simultan citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian Ramen X oleh masyarakat Kota Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak terkait. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t. Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel citra merek yang terdiri dari dimensi citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan uji t, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,556, hal tersebut berarti bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana variabel independen yaitu citra merek, dan harga memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 55,6%. Sedangkan sisanya 44,4% dijelaskan dengan faktor atau variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam analisis regresi ini.

Keywords


Citra merek (brand image), Harga, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


A.B. Susanto, Himawan Wijarnako. (2011). Power Branding : Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis&Manajemen.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghony, M Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2011). 10th Edition “Marketing an Introduction. Indonesia: Perason.

Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Lupiyadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Prilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta

Noor, Juliansyah. (Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saefullah, Asep dan Sudaryono. (2012). Statistik Deskriptif – Langkah Mudah Analisis Data. Yogyakarta: CV. Andi Offiset

Simamora. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stanton, William J. (2011). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_______. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan untuk bidang Penedidikan, Manajemen, Sosial, dan Teknik. Bandung. Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian. Bandung: Rafika Aditama.

Suharyadi dan Purwanto S.K. (2011). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remana Rosdakarya.

Sumarwan, Ujang. (2012). Prilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sunjoyo. (2013). Aplikasi SPSS untuk SMART Riset (Program IBM SPSS 21.0). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

JURNAL

Hutabarat, Mardalena. (2014). “Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Jejaring Sosial Path Di Kota Bandung Pada Tahun 2014.†No.5 Nopember 2014, hal 1-18.

Sekar Ayu, Ardiani. (2012). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Nokia.â€

Akbar, Adam. (2012). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba.â€

Huda, Nurul. (2012). “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha di Makassar.â€

Alvian. (2012). “Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.â€

WEBSITE

http://disparbud.jabarprov.go.id/ (5 Februari 2016)

bandungtourism.com ( 18 Februari 2016)

bandungreview.com (18 Februari 2016)

www.info-manajemen.com (4 Maret 2016)

www.marketing.co.id (10 Maret 2016)

www.korantempo.com (20 Maret 2016)