STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SIARANSWASTA KOTABANDUNG (STUDI KASUS KOMUNIKASI PEMASARAN ARDAN GROUP BANDUNG DALAM MENJARING PENGIKLAN)

Akil Kingkin Kudratullah

Abstract


Competition radio broadcasting business appear along with the number of private radio stations who grew up in the city of Bandung. Competition is increasingly competitive for business development radio broadcasting requires businesses to have the right marketing strategy. Some mainstream radio today many are doing a one-stop management, by making the widest network and market share may be different, based on the target audience and advertisers. This study aims to determine the marketing communication strategy that made Ardan Group in which there are three (3) private radio stations are Ardan Radio, B Radio and Cakra Radio in attracting advertisers. This study uses qualitative research with case study method is done by in-depth interviews, literature (documents, books, related data), and observation. The validity of the research data triangulation technique is used to determine how the marketing communication strategy planning, implementation and evaluation in attracting advertisers. Segmentation is different from each private radio inside Ardan Group, became the marketing communication strategy undertaken by the centralized management system, supported by facilities and infrastructure with the concept of five (5) O (On Air, Off Air, Online, On Mobile, On Data). Marketing communications strategy Ardan Group with concept S-T-P-F-P (segmentation, targeting, positioning, formatting, programming) with implementation through personal selling and public relations, which is part of the promotion mix, the conclusion of what was to become the marketing communication strategy Ardan Group in attracting advertisers.

Persaingan bisnis penyiaran radio muncul seiring dengan banyaknya jumlah stasiun radio swasta yang tumbuh di kota Bandung. Persaingan yang semakin kompetitif bagi perkembangan bisnis penyiaran radio mengharuskan pelaku bisnis penyiaran untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat.Beberapa radio mainstream saat ini banyak yang melakukan manajemen satu atap, dengan membuat jaringan seluas-luasnya dan pangsa pasar yang mungkin berbeda, berdasarkan target pendengar dan pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Ardan Group yang di dalamnya terdapat 3 (tiga) radio swasta yaitu Ardan Radio, B Radio dan Cakra Radio dalam menjaring pengiklan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang dilakukan dengan wawancara mendalam, studi literatur (dokumen, buku, data terkait), dan observasi. Validitas dalam teknik triangulasi data penelitian digunakan untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi komunikasi pemasaran, implementasi dan evaluasi dalam menjaring pengiklan.Segmentasi berbeda dari masing-masing radio swasta yang berada di dalam Ardan Group, menjadi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan sistem manajemen terpusat, didukung sarana dan prasarana dengan konsep 5 (lima) O (On Air, Off Air, Online, On Mobile, On Data). Strategi komunikasi pemasaran Ardan Group dengan konsep S-T-P-F-P (segmentation, targeting, positioning, formatting, programming) dengan implementasi melalui personal selling dan public relationsyang merupakan bagian dari promotion mix, menjadi kesimpulan dari apa yang menjadi strategi komunikasi pemasaran Ardan group dalam menjaring pengiklan.


Keywords


strategi, komunikasi pemasaran, promotion mix, radio siaran swasta.

Full Text:

PDF

References


BUKU

Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Emzir, 2010. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Irwanto, 2007. Focus Group Discussion: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran. Jakart: Prenada Media Group.

___________. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia Jakarta.

Schultz, D.E. and Schultz, H.F. 2004.IMC the next generation: five steps for delivering value and measuring returns using marketing communication. McGraw-Hill.

JURNAL DAN TESIS,

Eppstian Syah As’ari, Evaluasi Strategi Komunikasi PemasaranDalam Merintis Bisnis OnlineUndangan Pernikahan, Tesis, Fakultas Pasca SarjanaDepartemen Ilmu KomunikasiKekhususan Manajemen Komunikasi UI, Jakarta, 2012.

Hadawiah, Strategi Memenangkan Persaingan dalam Pemasaran Surat Kabar Harian di Makassar Kasus Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat, Tesis, Program Studi Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Makasar, 2005.

Ni Luh Putu Agustini Karta, Ketut Putra Suarthana, Strategi Komunikasi Pemasaran Ekowisata Pada Destinasi Wisata Dolphin Hunting Lovina, Penelitian, Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol.8 No.1, Februari 2014, STIE Triatma Mulya, Bali, 2014.

Primasanti, “Studi Eksplorasi Sistem Siaran Televisi Berjaringan di Indonesia†Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, Vol. 3, No. 1, Januari 2009: 85 -102

INTERNET

http://jurnal.unpad.ac.id

http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/04/teori-organisasi-dan-komunikasi-organisasi/

http://seputar-penyiaran.blogspot.com/2007/05/menyoal-sistem-stasiun-berjaringan.html

http://www.ardanradio.com

http://www.kpi.go.id/download/regulasi/UU%20No.%2032%20Tahun%202002%20tentang%20%20Penyiaran.pdf

http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html

http://www.radiocakrabandung.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_radio_berjaringan