PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STEAK RANJANG BANDUNG (STUDI KASUS PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI BANDUNG TAHUN 2016)

Ayinda Fajriani, Widya Sastika

Abstract


Nowadays, Indonesian culinary expansion, especially in Bandung is developing rapidly, by the number of restaurants and cafés which has more than 3.000 amount of restaurants. This culinary tour in Bandung has so many specialties, start from its kind of product that it supplies, various taste, cozy and unique concept of place, and many range of prices. Tight competition between each culinary firms make them have to survive and keep in developing in order to face the competitive market itself. Internet-based technology such as social media is used by the culinary firms in Bandung; Steak Ranjang to do the social media marketing to communicate the information about the products. It is all caused by the consumer behavior that is often using social media like Instagram in their social live influences their interests in goods and services that will be consumed. The purpose of this research is about to know the social media marketing influence through Instagram against the interest of consumer to buy Steak Ranjang in Bandung, case study at Instagram user in Bandung, 2016. The method that the writer uses in this research is a descriptive method, data collective through questioner. Data test by validity test, reliability, and normality. The analysis uses descriptive statistic and analysis simple linier regression with taking Instagram users in Bandung as the sample that being the followers or have to open of Steak Ranjang’s Instagram in Bandung.

Perkembangan kuliner di Indonesia, khususnya di kota Bandung saat ini berkembang dengan pesat, dilihat dari jumlah restoran dan kafe yang sudah berjumlah lebih dari 3.000 restoran. Wisata kuliner di Bandung ini memiliki berbagai keunikan, mulai dari beragamnya produk yang ditawarkan, cita rasa yang lezat, konsep tempat yang unik dan nyaman, juga berbagai variasi harga. Persaingan yang begitu ketat antar perusahaan kuliner membuat perusahaan harus mampu bertahan dan terus berkembang agar dapat menghadapi persaingan. Teknologi berbasis internet yang berkembang dengan pesat seperti sosial media, digunakan oleh perusahaan kuliner di kota Bandung yaitu Steak Ranjang untuk melakukan sosial media marketing dalam mengkomunikasikan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini didasari dengan melihat perilaku konsumen yang sering menggunakan sosial media melalui Instagram dalam kehidupan sosial termasuk didalamnya dapat mempengaruhi minat beli terhadap produk atau jasa yang akan dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing melalui instagram terhadap minat beli konsumen Steak Ranjang di Bandung, studi kasus pada pengguna Instagram di Bandung tahun 2016. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuesioner. Uji data melalui uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan pengambilan sampel yaitu pengguna Instagram yang pernah membuka atau mengikuti akun instagram steak ranjang di Bandung.


Keywords


Marketing,Social Media Marketing, Purchase Interest.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin, dan Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja

GrafindoPersada.

Basu Swastha, Hani Handoko.(2011).Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta. Penerbit:BPFE.

Fandy Tjiptono, Ph.d (2014). Buku Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Penerbit: Andi.

Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Semarang . Penerbit: Universitas Diponegoro.

Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and G. Armstrong. (2012). Principles of Marketing. 14th ed. New

Jersey:Prentice Hall

_______, Phillip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. 14th ed.

_______, Philip. dan Keller, Kevin Lane (2010). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ketiga belas, Jakarta,Penerbit: Erlangga.

Lovelock, Christopher dan Wirtz, Jochen. (2011). Service Marketing: People, Technology, Strategy. Seventh Edition, New Jersey: Upper Saddle River - Pearson Hall.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat, Jakarta.

Sedarmayanti & Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.

Strauss, Judy dan Frost, Raymond. (2012). E-Marketing edisi internasional ke 6. London: Pearson.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit: Alfabeta

_______. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Penerbit: Alfabeta.

Wahdi, Mohamad. (2011). Riset pemasaran. Jakarta. Penerbit: PT. Buku Seru.

Zarella, Dan. (2011). The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta