STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN “DESA PINTER†DI KABUPATEN BANDUNG

Dedeh Fardiah, Rini Rinawati, Mochamad Subur Drajat

Abstract


Pada penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana efektifitas penerapan Model Strategi Komunikasi Pemanfaatan Internet Berbasis Masyarakat.  Model ini pada intinya menggambarkan bahwa strategi komunikasi yang dapat dilakukan oleh pengelola internet apabila ingin optimal keberadaannya adalah dengan cara memperoleh dukungan masyarakat dan pemerintah. Komunikasi mengenai keberadaan internet dapat dilakukan maksimal dengan cara memanfaatkan semua potensi yang ada dalan masyarakat, diantaranya komunikasi secara langsung melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. Namun, komunikasi dapat dilakukan melalui komunikasi bermedia dengan menggunakan potensi-potensi media yang berada di lingkungan masyarakat yang langsung menyentuh masyarakat yang dituju. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, Peran pemerintah dalam menunjang pemanfaatan internet berbasis masyarakat untuk pengembangan Program Desa Pinter (Punya Internet) di Kabupaten Bandung dinilai efektif, demikan pula  partisipasi masyarakat cukup beragam dibuktikan dengan respon yang variatif dan yang sangat responsive, cukup responsif  dan kurang responsif. Sedangkan strategi komunikasi langsung dan komunikasi bermedia juga dinilai cukup efektif. Ada keseiimbangan yang berarti antara komunikasi langsung dan komunikasi bermedia.


Keywords


Strategi Komunikasi, Internet, Berbasis Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Effendy, Onong Uchjana, 2000. Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan (ed.cetak ulang) , Yogyakarta, Gadjah Mada University

Edison, 2014. Komunikasi Teurapetik, Yogyakarta, Graha Ilmu

Faisal, Sanafiah. 1998. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: YA3

Guba & Lincoln. 1998 Competing Paradigm Qualitative Research. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Handoko, 2001.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta.BPFE

Holmes, David. (2012). Teori Komunikasi : Media, Teknologi dan Masyarakat, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nasution, 2003, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung, Tarsito.

Pratama, I Putu Agus Eka, (2014). Komputer dan Masyarakat, Bandung, Informatika.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumaryadi, 2005. Efektifitas Implementasi Kebijakan dalam Kerangka Otoonomi Daerah. Jakarta. Citra Utama

Steer, 1998. Efektifitas Organisasi, Jakarta. Erlangga

Vivian. (2008). Teori Komunikasi Massa, Jakarta, Prenada Media

Widya, 1993, Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta. Rineka Cipta

Yin, Prof. Dr. Robert K. 2002. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.