ANALISIS PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERBANKAN DI PROVINSI GORONTALO

Hais Dama

Abstract


Good Corporate governance merupakan proses dan struktur yang digunakan untuk mengarahkan dan mengelola bisnis dan urusan-urusan perusahaan dalam rangka meningkatkan kemakmuran bisnis dan akuntabilitas perusahaan dengan tujuan utama mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders yang lain.Tujuan penelitian ini meliputi (1)Untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan Good Corporate Governance dalam meningkatkan kinerja perbankan di Provinsi Gorontalo. (2) Untuk mengidentifikasi kendala-kendala dalam pelaksanaan Good Corporate Governance dalam meningkatkan kinerja perbankan di Provinsi Gorontalo. (3) Untuk menemukan upaya-upaya untuk meminimalisir kendala dalam pelaksanaan Good Corporate Governance dalam meningkatkan kinerja perbankan di Provinsi Gorontalo.Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan pelaksanaan FGD yang bertujuan untuk mendapatkan data dalam menunjang hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan Good Corporaye Governance perbankan di Provinsi Gorontalo dalam rangka meningkatkan kinerja meliputi, (1). status bank sebagai kantor cabang dan cabang pembantu dan lain-lain merupakan kendala dan masalah yang menjadikan penerapan prinsip dalam Good Corporate Governance tidak maksimal. (2). Perlu adanya kesadaran dan kemauan dari pihak direksi, para pemegang saham, dan manajemen bank dalam menaikan status bank cabang pembantu menjadi kantor cabang, (3). Tidak maksimalnya penerapan Good Corporate Governance dalam perbankan di Provinsi Gorontalo menyebabkan penilaian kinerja perbankan oleh Bank Indonesia tidak maksimal. (4). Kinerja perbankan yang tidak maksimal dapat dilihat dari rasio LDR yang sangat tinggi mencapai 200% lebih. (5). Rasio ini sangat tidak berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah khususnya Provinsi Gorontalo.

Keywords


Good Corporate Governance, Kinerja perbankan

Full Text:

PDF

References


Alijoyo, Antonius, Elmar Bouma, TB M Nazmudin Sutawinangun, dan M Doddy Kusadrianto. 2004. Review of Corporate Governance in Asia: Corporate Governance in Indonesia. Forum for Corporate Governance in Indonesia.

Arifin, Zaenal. 2005. “Hubungan antara Corporate Governanve dan Variabel Pengurang Masalah Agensi,†Jurnal Siasat Bisnis, Vol.1, No.10, Juni 2005.

Bank Indonesia. 2003.Peraturan BI No 5/25/PBI/2003 tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatuhan (Fit and Proper Test).

Bank Indonesia. 2006. Peraturan BI No 8/4/PBI/2006 tentang Penerapan GCG Bagi Bank Umum yang telah diubah dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/14/PBI/2006.

Chtourou, L., S. Marrachi., J. Bedard, 2001. Corporate Governance and Earning Managemen.Available online at www.ssrn.com.

Darmawati, Deni dkk. 2005. “Hubungan Corporate Governance, Kinerja Perusahaan dan Reaksi Pasar,â€Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.8, No.1, Hal.65-81.

Dewi, Retno Kusuma (2010). Pengaruh Corporate Governance terhadap Efektifitas Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Go Publik di BEJ). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora

Faisal, 2005, “Analisis Agency Cost, Struktur Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance, “ Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.8, No.2, Hal. 175-190.

Hidayat, Hendi (2009). Good Corporate Governanve di Bank Syariah. http://ngenyiz.blogspot.com/2009/02/good-corporate-governance-di-bank.html diakses pada 17 Maret 2011.

Oktapiyani, Desi. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Likuiditas Perbankan Nasional.Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. (Tidak Dipublikasikan).

PT Bank Swadesi Tbk. 2008.SELF ASSESSMENT GOOD CORPORATE GOVERNANCE LAPORAN HASIL SELF ASSESSMENT PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE.

http://www.bankswadesi.co.id/upldoc/Laporan%20Self%20Assessment%20GCG%202008.pdfDiakses pada 16 Maret 2011.

Reka Dewantara, “Kajian Yuridis Prinsip Good Corporate Governance Perbankan.â€

Sukamulja, Sukmawati. 2004,â€Good Corporate Governance di Sektor Keuangan: Dampak Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuanganâ€. Vol.8.No.1. Juni 2004. Hal 1-25.