RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK E-MUSEUM SONGKET BERBASIS MOBILE SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KAIN KHAS SUMATERA SELATAN

Muhammad Nasir, Vivi Sahfitri, Nyimas Sopiah

Abstract


Songket merupakan karya seni yang merupakan kain tradisional yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan adat di  Sumatera Selatan. Berbagai kegiatan adat Sumatera Selatan meggunakan kain songket untuk melengkapi pakaian  kegiatan adat tersebut, antara lain upacara adat perkawinan, marhaban, khitanan dan lain sebagainya. Songket memiliki berbagai motif yang mempunyai nama khusus dengan karakteristik yang khas yang membedakan antara satu kain dengan kain yang lain. Museum Songket berada di kota Palembang, namun keberadaannya kurang begitu diketahui oleh masyarakat padahal banyak masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentang asal usul keberadaan kain songket tersebut. Dalam penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi e-museum yang dapat membantu mengenalkan kain songket  lebih luas lagi. Aplikasi yang akan dirancang dan dibangun dalam penelitian ini adalah suatu perangkat lunak e-museum yang dapat memberikan informasi tentang  kain Songket Sumatera Selatan yang mencakup tentang  Filosofi dan sejarah yang terkandung dalam kain Songket tersebut, informasi tentang tahap-tahap dalam membuat kain songket yang berkualitas serta informasi tentang  karakteristik khas serta makna yang terkandung dalam setiap motif kain songket tersebut. Perangkat Lunak ini akan dibuat sebagai aplikasi mobile  yang akan dirancang dan dibangun dengan metode waterfall yang meliputi tahap tinjauan pustaka, analisa kelemahan, kebutuhan dan kelayakan sistem, perancangan sistem, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi dan implementasi.

Keywords


Kain Songket, E-museum, Mobile

Full Text:

PDF

References


Schouten, FFJ. (1992). Pengantar Didaktik Museum. Penerjemah: Moh, Amir Sutaarga. Jakarta: Direktorat Permuseuman.

Rosa, A.S. M. Salahudi. (2011). Modul Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung: Modula.

Soesandireja. (2015). Kain Songket, Asal Mula, Jenis, dan Maknanya. [Online]. (Diakses di http://www.wacana.co/2015/01/kain-songket-asal-mula-jenis-dan-maknanya/, tanggal 17 April 2017).

Webopedia, (2016). Mobile Application. [Online]. (Diakses dari http://webopedia.com/TERM/M/mobileapplication.html, pada tanggal 27 Mei 2016).




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0