DESIGN RESEARCH OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT POSITIF DENGAN PECAHAN BIASA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V DI SDN 04 KLENDER JAKARTA TIMUR

Yuniarti Cicilia, Sri Sudaryanti

Abstract


Pecahan merupakan salah satu materi pelajaran yang masih dianggap
sulit oleh siswa hal ini juga diyakinkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran
matematika di sekolah. Nilai rata-rata siswa di kelas VA pada pokok bahasan
perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan biasa berada di bawah KKM
(Ketuntasan Kriteria Minimal). Salah satu kemungkinan penyebab timbulnya
kesulitan ini adalah siswa mengalami ketidakpahaman konsep sehingga dalam
menyelesaikan operasi hitung perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan
biasa menjadi sesuatu tanpa logika. PMRI dapat menjadikan kegiatan pembelajaran
bermakna dan berperan untuk mengkonstruksi pemahaman matematika siswa.
Model garis bilangan yang digunakan dapat berperan untuk memulai lintasan
belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian pecahan kelas VA SDN
04 Klender Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman
siswa kelas VA mengenai konsep dasar perkalian bilangan bulat positif dengan
pecahan biasa menggunakan model garis bilangan.
Penelitian ini terdiri dari lima kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 April
sampai dengan 3 Mei 2011. Kegiatan penelitian dengan menggunakan metode
penelitian design research terdiri dari tiga fase yaitu fase pertama persiapan dan
desain, fase kedua eksperimen mengajar, dan fase ketiga analisa retrospektif.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah hipotesis lintasan
belajar dengan menggunakan konteks pengukuran pada lintasan sirkuit. Konteks
yang digunakan pada kegiatan awal adalah lintasan sirkuit yang merepresentasikan
pada model garis bilangan dimana berkaitan dengan aktivitas pengukuran, mencari
hubungan antar pecahan, menyederhanakan pecahan, dan memahami operasi
hitung perkalian bilangan bulat dengan pecahan biasa. Validitas ekologi dan
internal serta realibilitas internal dan eksternal digunakan untuk membuktikan hasil
penelitian yang benar dan terpercaya.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi efektif serta
mengisi ketidakpahaman konsep pada siswa yang terjadi sebelumnya. Model garis
bilangan berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep dasar operasi
hitung perkalian bilangan bulat positif dengan pecahan. Pemahaman siswa
mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh siswa secara
keseluruhan mengalami peningkatan.

Keywords


design research operasi hitung,perkalian bilangan bulat, pendekatan matematika realistik,

Full Text:

PDF

References


Prastiwi, Dewi. 2002. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.Jakarta: Grasindo.

Benny, Tucker. “Educational Development and Educational Research In Mathematics Educationâ€.

[ONLINE] Tersedia: http://www.ars-grin.gov/cgi-bin/, (23 Januari 2011 pukul 20.30 WIB).

Galen, van, dkk., Fraction , Percentages, Decimals, and Proportions Netherlands: Utrecht University.

Hammad Fithry Ramadhan. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, (.[ON LINE] Tersedia:

http://zainurie.wordpress.com/, (Maret 2011, pukul 06.30).

Koeno,Graveimeijer.2009.Design Research As A Means For Building A Knowledge Base For Teacher

And Teaching In Mathematics Education.Utrecht:The University Of Chicago.

Koeno ,Gravemeijer.Emergent Modeling As The Basis For An Instructional Srquence On Data Analysis.

Netherland: Utrecht University.

Mitchell dan Horne, Fraction Number Line Tasks and The Additivity Concept of Length Measurement.

Australia: Australian Catholic University.

Musliha, Siti. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Lamban di Kelas II SD.Jakarta:

Universitas Negeri Jakarta.

Sukayati. Pecahan. Yogyakarta: disajikan dalam pelatihan supervisi pengajaran untuk sekolah dasar 19

Juni-2 Juli 2003)

Octavia, Nenden. 2011. Design Research on Mathematics Education: Investigating the Progress of

Indonesian Fifth Grade Student’s Learning Multiplication Fraction with Natural Numbers.

Netherland: Utrecth University.

Walle ,van de. 2007. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2 Edisi

Keenam,.Jakarta: Erlangga.

Waluyo, H.Y., dkk., 1987. Materi Pokok Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0