IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS OPEN SOURCE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA

Abdul Syukur

Abstract


Setiap siswa mempunyai motivasi dalam dirinya untuk belajar. Namun, sebagian dari mereka seringkali merasa tidak efektif dalam proses belajar, seperti takut selalu tertinggal dalam mempelajari suatu topik atau tema pembelajaran demikian halnya yang terjadi pada SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Agar siswa mempunyai motivasi dalam proses belajar dan lebih efektif, maka metode yang digunakan dalam proses belajar harus diperbaharui. Salah satu cara dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif atau banyak berperan dalam proses belajar. Seiring perkembangan teknologi internet, sistem e-learning mulai dikembangkan, sehingga kajian dan penelitian sangat diperlukan. Hakekat e-learning adalah bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital melalui teknologi internet. Oleh karena itu mengembangkan sistem ini tidak sekedar menyajikan materi pelajaran ke dalam internet tetapi perlu dipertimbangkan secara logis dan memegang prinsip pembelajaran. Begitu pula desain pengembangan yang sederhana, personal dan cepat, serta unsur hiburan akan menjadikan peserta didik betah belajar didepan internet.Metode pemilihan sistem e-learning dalam penelitian ini adalah metode diskriptif, dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Sebagai media yang akan digunakan oleh siswa dan pengajar maka dibangunlah Learning Management System (LMS).

Keywords


e-learning, LMS, SMK Yabri Pekanbaru.

Full Text:

PDF

References


Wahono, Romi Satria, Sistem elearning Berbasis Model Motivasi Komunitas, Jurnal Teknodi.

Wahono, Romi Satria, Artikel: Meluruskan Salah Kaprah Tentang e-Learning, http://romisatriawahono.net/.

http://www.ilmukomputer.com.

http://www.moodle.org.

http://www.psb-psma.org.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0