PENGEMBANGAN MESIN INJEKSI PLASTIK SKALA INDUSTRI KECIL

Indra Mawardi, Zuhaimi Zuhaimi, Hanif Hanif

Abstract


Produk-produk plastik pada umumnya dihasilkan oleh industri menengah ke atas, hal ini tidak terlepas dari masih rendahnya penguasaan teknologi pengolahan plastik dan ketersedian peralatan oleh industri kecil. Permasalahan tersebut berimbas pada minimnya industri kecil pengolahan plastik. Tujuan penelitian adalah mengembangkan mesin injeksi plastik yang dapat dimanfaatkan oleh industri kecil dalam menghasilkan produk plastik. Metode penelitian diawali dengan menrancang konstruksi mesin injeksi menggunakan tuas sebagai pergerakan unit injeksi maupun clamping. Mesin injeksi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk industri kecil.Fabrikasi mesin injeksi menggunakan mesin-mesin perkakas dan uji performance dilakukan untuk menganalisis tingkat keberhasilan mesin. Dari hasil penelitian telah terbangun unit mesin injeksi plastik skala industri kecil. Mesin injeksi dengan mekanisme tuas dapat beroperasi dengan baik dalam proses plastisasi dan penginjeksian plastik.

Keywords


Mesin injeksi plastik, mekanisme tuas, unit injeksi, unit clamping. industri kecil

Full Text:

PDF

References


Agung, S.D. 2008. Simulasi Numerik Injection Molding Untuk Pembuatan Spesimen Polypropylene Acetabular Cup Pada Pengujian Sambungan Hip. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008 Bidang Teknik Mesin.

Bisnis Indonesia, 2013. Konsumsi Plastik Naik menjadi 11 kg Per Orang per Tahun, diakses 4 Januari 2013 Online

Indra, M.2007. Analisis Bentuk Ekstruded Polypropylene Akibat Perbedaan Temperatur Proses Menggunakan Single Screw Extrusion.Jurnal Sistem Teknik Industri Vol. 8. No.1, pp 41-46, 2007.

Oyetunji, A. 2010. Development of Small Injection Moulding Machine For Forming Small Plastic Articles For Small-Scale Industries. Journal of Engineering Science and Technology, Vol. 5, No. 1 (2010) 17 – 29.

Rosato, D.V.,Marlene G. Rosato. 2001. Injection Molding Handbook 3rd ed. Publisher Springer.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0