SIMULASI ALIRAN INTERNAL PADA PEMIPAAN INLET ENGINE TIGA DIMENSI
Abstract
Analisis aliran didalam sistem pemipaan Inlet Engine dapat dilakukan dengan metode eksperiment maupun metode komputasional. Penelitian aliran internal merupakan bagian yang cukup penting dalam sistem pemasok udara kedalam ruang bakar mesin kendaraan wahana darat, laut maupun udara. Makalah ini menganalisa aliran internal dari hasil simulasi yang dilakukan pada sistem pemipaan berbentuk huruf S tiga dimensi dengan penampang lintang berupa lingkaran dengan variasi kapasitas aliran masing-masing sebesar 1.213 kg/detik,1.4 kg/detik, 4 kg/detik dan 6 kg/detik. Analisis simulasi komputasi dinamika fluida dengan menggunakan software FLUENT. Hasil simulasi menunjukkan variasi kapasitas aliran mempengaruhi Tekanan Total dan bilangan Mach pada AerodynamicInterface Plane (AIP) sebelum udara masuk menuju mesin.
Keywords
Aliran Internal, Pemipaan bentuk S, kapasitas aliran, dan AIP
Full Text:
PDFReferences
Choudhury, D. , (1993). Introduction to the Renormalization Group Method and Turbulence Modeling, Fluent Technical Memorandum TM-107,Lebanon.
Fluent Inc, FLUENT, (2006). User's Guide, Centerra Resource Park10 Cavendish Court, Lebanon.
Seddon, J., and Goldsmith, E. L., (1999). Inlet Aerodynamics, BlackwellScience, Boston, MA.
Steven R. Wellbom, Theodore H. Okiishi and Bruce A. Reichert, (1993). A Study of the Compressible FlowThrough a Diffusing S-Duct, NASA TM 106411.
Subagyo, (2013). Fasilitas Uji Terowongan Angin Kecepatan Rendah Indonesia, Jurnal Energi dan Manufaktur, vol. 6 no.1.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0