PENERAPAN METODE WEBQUAL DALAM PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE PERGURUAN TINGGI
Abstract
Website Perguruan Tinggi merupakan aplikasi berbasis online yang digunakan beberapa Perguruan Tinggi untuk dapat berhubungan dengan eksternal maupun internal. Fasiltas yang bisa digunakan pada website ini antara lain menyebarkan berita/pengumuman, sistem akademik, dan media promosi. Layanan sebuah website dapat diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna akhir sehingga dapat diperoleh umpan balik. Pada penelitian ini, kualitas website dapat diukur dengan menggunakan metode websqual. Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Variabel dari websqual adalah kegunaan, kualitas informasi dan interaksi layanan yang merupakan variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pengguna. Untuk menguji hubungan antar dimensi dari webqual dengan kepuasan pengguna, maka analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan pengaruh yang signifikan dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat. Di mana urutan yang paling tinggi adalah interaksi layanan, kualitas informasi dan kegunaan.
Keywords
WebQual, Kepuasan Pengguna, Regresi Linier
Full Text:
PDFReferences
Barki, Henri. 1990. Determinants of User Satisfaction Judgments in Information
Systems. IEEE Journal, 1990.
Barnes, S., & Vidgen, R. 2000. WebQual: An exploration of web-site quality.
Proceedings of the Eighth European Conference on Information Systems. Diakses
tanggal 10 Desember 2013, dari http://is.lse.ac.uk/asp/aspecis/20000052.pdf.
Hadiati, Sri. 2003. Análisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Bank Widyana Malang. Kompak. No. 8: 298-311
Nikos, Tsikriktsis. Does Culture Influence Website Quality Expectation?. Journal of
Sevice Research 2002. Sage Publications.
(https://forlap.dikti.go.id/)
(http://www.webqual.co.uk/instrument.htm)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0