MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI AIR MELALUI SOSIALISASI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) DAN PENGHIJAUAN

Puti Renosori, Hilwati Hindersah

Abstract


Kondisi sumber daya air tanah di pusat pengabdian yaitu di RW 07, kelurahan Cibeureum-Cimahi semakin menipis karena kurangnya lahan resapan akibat pembangunan rumah maupun pengerasan jalan. Air tanah sangat dibutuhkan di daerah tersebut karena tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggi, dan tidak adanya air PDAM yang masuk ke daerah tersebut, banyak warga yang kekurangan air bersih ketika musim kemarau tetapi ketika musim hujan banyak genangan air di jalan dan halaman rumah bahkan dibeberapa tempat terjadi banjir akibat kapasitas drainase yang tersedia tidak mencukupi lagi. Upaya untuk mengatasinya telah dilakukan dengan cara mengajak masyarakat mengelola air hujan secara lebih baik yaitu dengan membuat Lubang Resapan Biopri (LRB). Dipilihnya metoda LRB karena merupakan salah satu teknologi tepat guna yang mudah dilakukan, relative murah, ramah lingkungan dan merupakan cara yang efektif guna meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah. LRB yang telah dibuat di seluruh RW 07 sebanyak ± 540, yang pembuatannya dikoordinasi oleh ketua RT nya masing-masing. Karena LRB tersebut dapat diiisi dengan sampah organik, yang dapat berubah menjadi kompos, maka manfaat lain nya ialah dapat meningkatkan pengolahan sampah organik menjadi kompos. Kompos tersebut digunakan untuk kegiatan urban farming. Kegiatan urban farming bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan lahan dengan menanam berbagai tanaman yaitu tanaman sayur-sayuran, TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan tanaman-tanaman lain yang berguna seperti tanaman pengusir nyamuk.

Keywords


Lubang Resapan Biopori (LRB), pengomposan sampah organik, urban farming

Full Text:

PDF

References


Agus et all. (2002). dalam K. Subagyono, 7 Teknologi Konservasi Air Pada Pertanian Lahan Kering, http://balitanah.litbang.deptan.go.id/dokumentasi/berlereng 7, Diunduh pada 20 Maret 2013.

Iritani, Galuh. (2012). Vegetable Gardening: Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah, Yogjakarta, Indonesia.

Pusat pendidikan lingkungan hidup. (2013). Manfaat Lubang biopori, http://pplhselo.or.id/berita/manfaat-lubang-biopori.html. Diunduh pada 3 September 2014.

Supriati Yati, dan Ersi Herliana Wijaya. (2011). Bertanam Sayuran Organik dalam Pot, Penebar swadaya, Jakarta, Indonesia.

Wijaya, Budi Hermawan. (2012). 101 Tips Perawatan Tanaman: Tanaman Sayur Tanaman Buah Tanaman Obat, Abata Press, Cetakan I, Klaten, Indonesia.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0