UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN ISOLASI ALKALOID DALAM DAUN TOMAT (LYCOPERSICON ESCULENTUM MILL.)

Leni Purwanti, Audyta Maharani, Livia Syafnir

Abstract


Daun tomat (Lycopercicon esculentum Mill.) merupakan sumber daya melimpah namun terabaikan karena mengandung glikoalkaloid yang beracun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Glikoalkaloid memiliki aktifitas sebagai antibakteri, anti jamur, anti serangga dan secara empiris kerap digunakan sebagai pestisida oleh petani. Untuk itu dilakukan pengujian aktifitas antibakteri dari daun tomat sebelum dan setelah panen terhadap bakteri Ralstonia solanacearum dan penelurusan golongan alkaloid yang terkandung dalam daun tersebut. Ralstonia solanacearum merupakan penyebab penyakit layu tanaman. Daun tomat dilakukan ekstraksi dengan etanol 95% dan fraksinasi alkaloid kemudian ekstrak dan fraksi daun tomat sebelum dan setelah panen diuji aktivitasnya dengan metode difusi agar pada konsentrasi ekstrak 0,2%,0,4%,0,6%,1%, dan konsentrasi fraksi 1%,2%,3%,5%, hasil uji kemudian dibandingkan secara statistik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak daun tomat menghasilkan daya hambat pada konsentrasi 0,2% sedangkan fraksi menghasilkan daya hambat 5% dan tidak ada perbedaan aktifitas yang dihasilkan dari daun sebelum dan setelah panen sehingga lebih baik digunakan daun setelah panen. Fraksi setelah panen dilakukan Isolasi dengan KLT preparatif fase gerak kloroform:metanol (8:2) dan penampak bercak Dragendorff kemudian diuji kemurnian menunjukkan isolat di duga alkaloid.

Keywords


Daun tomat (Lycopersicon esculentum Mill.), Glikoalkaloid, Ralstonia solanacearum, Dragendorff

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura. (2012). Produksi sayuran di Indonesia tahun 1997-2012. Badan Pusat Statistik. Jakarta diakses pada November 2013 melalui http://www.bps.go.id/aboutus.php?search=1

Dinnarwika, S. N. (2012). Uji Potensi Ekstrak Etanol Daun Tomat (Solanum lycopersicon Linn.) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Culex sp. Dengan Metode Elektrik, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.

Kobayashi, et al. (2012). Application Of Tomato (Solanum lycopersicum) Leaf Volatiles As Antifungal Agents Against Plant, Journal of Agricultural Science, Meiji University. Japan Vol. 4, No. 8.

Pracaya. (2010). Hama dan Penyakit Tanaman, Penebar swadaya, Jakarta.

Rahardjo, R. (2004). Kumpulan Kuliah Farmakologi, Penerbit buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Sinung, F. (1997). Isolasi Alkaloid Dari Bahan Alam, Biota II(2): 96-99, Fakultas Biologi Universitas Atmajaya, Yogyakarta.

Titis, B. M., Fachriyah, E., Kusrini, D. (2013). Isolasi dan Uji Aktivitas Senyawa Alkaloid Daun Binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis). Chem info 1(1): 196-201, Universitas Dipenogoro. Semarang.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0