PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMKDI KOTA BANDUNG

Yani Ramdani

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh kemampuan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa SMK di Kota Bandung. Jenis penelitian adalah kuasi-eksperimen dan desain perbandingan kelompok statis dengan melibatkan 764 siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandung yang dikategorikan pada level: atas, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian adalah tes Kemampuan Berpikir Matematis, tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Untuk melihat pengaruh kemampuan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis digunakan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematis dan kreatif matematis, tetapi tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir kreatif.

Keywords


matematis, kritis, kreatif, dan Kruskal Wallis

Full Text:

PDF

References


Berg, R. A. (2009). Social Constructions of Creativity in a Middle School Math Classroom. [Online]. Tersedia: http://www.jrrb.com/examples/SocialConst_ Creativity. pdf. [9 Mei 2008]

Briggs, M dan Davis, S. (2008). Creative Teaching Mathematics in the Early Years and Primary Classrooms. New York: Madison Ave.

Depdiknas (2004). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. [Online]. Tersedia: http://sunardi.blog.unej.ac.id/files/2009/03/ kbkmatemati kasmp2.pdf. [5 Januari 2010]

Innabi, H. (2003) Aspect of Critical Thinking in Classroom Instruction of Secondary School Mathematics teacher in Jordan. Procceding of the International Conference Mathematics Education.

Mann, E. L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi pada University of Connecticut. [Online]. Tersedia: http://www.gifted. uconn.edu/Siegle/Dissertations/Eric%20Mann.pdf. [15 November 2007]

Matlin, M. W. (2003). Cognition (Fifth Edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press

Nakin, J. B. N. (2003). Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi Pada University of South Africa. [Online]. Tersedia: http://etd.unisa.ac.za/ETD-db/theses/available/etd-04292005-151805/ unrestricted/00thesis.pdf. [7 Januari 2008]

Pehnoken, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 63 – 67. Tersedia: http://www.emis.de/journals/ ZDM/zdm973a1. pdf. [13 Desember 2008]

Ruseffendi, H. E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sabandar, J. (2006). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Makalah: tidak diterbitkan.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 75 – 80. Tersedia: http://www.emis.de/ journals/ZDM/zdm973a3.pdf. [15 Januari 2008]

Suryadi. D (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Disertasi pada PPS UPI: tidak diterbitkan.

Yani Ramdani (2013), Pembelajaran dengan Scientific Debate untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa, Laporan Hasil Penelitian




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0