PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK INDUSTRI PENYULINGAN MINYAK SEREH WANGI SKALA KECIL DAN MENENGAH

Nugraha Nugraha, Aswardi Nasution, Asep Nana Rukmana

Abstract


Industri pengolahan minyak sereh wangi memberikan kontribusi besar dalam peningkatan perekonomian masyarakat terutama para pelaku usaha yang terlibat yaitu petani dan pelaku industri pengolahan minyak sereh wangi. Permasalahan utama dalam industri penyulingan minyak sereh wangi selama ini adalah selain tidak jelasnya rantai pasok produk sereh wangi sehingga menyebabkan ketidaktertarikan petani untuk menanam sereh wangi juga permasalahan pada kapasitas penyulingan yang tidak mampu memenuhi permintaan konsumen. Kapasitas yang terbatas disebabkan oleh katersediaan bahan baku (sereh wangi) yang tidak kontinyu, metode kerja yang sangat tergantung pada orang (masih dilakukan secara tradisional), serta kualitas mesin penyulingan yang belum memadai untuk dapat menghasilkan minyak sereh wangi dengan kualitas dan kuantitas yang maksimal. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi alternatif teknologi yang tepat untuk digunakan pada penyulingan sereh wangi sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Penelitian dilakukan dengan menggambarkan proses penyulingan minyak sereh wangi, identifikasi tekologi yang digunakan saat ini, serta analisis penentuan teknologi yang tepat untuk penyulingan minyak sereh wangi skala kecil dan menengah. Dengan ditentukannya teknologi yang tepat untuk industri penyulingan sereh wangi untuk skala kecil dan menengah diharapkan dapat mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada melalui sistem industri yang efisien, terintegrasi, berwawasan lingkungan dan relatif mudah untuk dikelola.


Full Text:

PDF

References


Aviasti, 2010. Model simulasi simbiosis industri gula dan industri pupuk dalam eco industrial park. Karya Ilmiah. Dipresentasikan dalam seminar Nasional Penelitian Masalah Lingkungan di Indonesia VI di Universitas Udayana. Bali.

Belokar, R.M., Kharb, S.S., Kumar, V., 2012. An Application of Value Stream Mapping in Automobile Industry : A Case Study. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE) [Accessed 19 June 2015]

Chertow, M.R., 2000, Industrial symbiosis: Literature and taxonomy. Annual Review of Energy and the Environmental, Proquest Science Journals. 25, 313-337.

Chertow, M.R., 2007, Uncovering industrial symbiosis, Journal of Industrial Ecology, 11(1), 11-30.

Danny Parawita Lubis, 2011, Uji Aktivitas Penolak Nyamuk Dari Minyak Atsiri Daun Tumbuhan Sereh Wangi (Cymbopogon nardus (L.)Rendle) Dalam Sedian Lotion, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara

Djati Waluyo Djoar, Panut Sahari, dan Sugiyono, Studi Morfologi dan Analisis Korelasi Antar Karakter Komponen hasil Tanaman Sereh Wangi (Cymbopogon sp.), Skripsi, Fakultas Pertanian UNS, Surakarta.

Dzikron, M. dan Nasution A., 2012, Perbaikan proses produksi dan penerapan teknologi tepat guna bagi Pengrajin Emping Singkong di desa Cijambe, Kab. Sumedan, Laporan Akhir IbM, Hibah Desentralisasi Dikti, Kemendiknas.

Agustian E., Sulaswaty A., Tasrif, Arya, J. L., dan Badria I., Pemisahan Citronellal dari Minyak Sereh Wangi Menggunakan Unit Fraksionasi Skala Bench, Jurnal Tek. Industri Pertanan, Vol. 17(2), hal 45-53.

Gasperz, Vincent. 2007. The Executive Guide To Implementing Lean Six Sigma. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Harris, S., 2007, Industrial symbiosis in the Kwinana industrial area (Western Australia). Australia.

Idawanni, 2016. Serai Wangi, Tanaman Penghasil Atsiri yang Potensial, Balai Pengkajjian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Tersedia pada : http://nad.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-teknologi/712-serai-wangi-tanaman-penghasil-atsiri-yang-potensial. Akses tanggal 1 Desember 2016

Haidar, I. A., 2011, Uji Efektivitas Ekstrak Serai Wangi (Cymbopogon nardus) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Aedes Aegypti Dengan Metode Fogging , Tugas Akhir, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Hariani, D., Aviasti, dan Amaranti R., 2016, Rancangan Perbaikan Aliran Rantai Pasok Industri Penyulingan Minyak Sereh Wangi Sebagai Upaya Memenuhi Peremintaan Pelanggan di Desa Cimungkal Kabupaten Sumedang, Prosiding Teknik Industri Vol. 2, Nomor 1 tahun 2016, ISSN 2460-6502, Hal. 43-52

Lasa, I.S., Laburu, C.O., dan Vila, R.C., 2008. An Evaluation of The Value Stream Mapping Tool. Bussines Process Management Journal, 14(1), 39-52. [Doakses tanggal 15 November 2016]

Maia, C.L., Alves, A.C., dan Leao, C.P., 2012. Sustainable Work Environment with Lean Production in Textile and Clothing Industry, [e-journal] 4(3), pp.183-190. Available online at www.iim.ftn.uns.ac.rs/ijiem_journal.php [Accessed 19 June 2015]

Nasution, A. , 2014, Pemanfaatan Potensi Lokal Desa Tanjung Wangi Kecamatan Cicalengka melalui wirausaha Sereh Wangi. Prosiding Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Bandung: Universitas Islam Bandung

Setyaningsih O. Hambali E., dan Nasution M., Aplikasi Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil) dan Geraniol Dalam Pembuatan Skin Lotion Penolak Nyamuk, Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Volume 17 (3), hal. 97-103

Indah L., Djumali M., Ani S., Miftah A., dan Syahbana M. R., 2012, Kajian Finansial Isolasi Citronellal dan Rhodinol Pada Industri Berbasis Senyawa Turunan Minyak Sereh Wangi, Agrointek Volume 6 Nomor 1, hal. 45-54.

Rohimatun dan Laba I. W., 2013, Efektifitas Insektisida Minyak Sereh Wangi dan Cengkeh Terhadap Hama Pengisap Buah Lada (Dasynus Piperis China), Buletin Littro, Volume 24 Nomor 1.

Rother, M., dan Shock, J., 1999. Learning To See: Value Stream Mapping To Create Value and Eliminate Muda. Brookline, MA : The Lean Enterprise Institute.

Ginting S., 2004, Pengaruh Lama Penyulingan Terhadap Rendemen Dan Mutu Minyak Atsiri Daun Sereh Wangi, e-USU Repository

Siahaya, W.,2013. Sukses Supply Chain Management Akses Demand Chain Management. Jakarta : In Media

Supriyanto, 2000, Potensi Ekstrak Sereh Wangi (Cymbopogon Nerdus L) Sebagai Anti Streptoccus Mutans, Skripsi, Program Studi Biokimia Fakultas MIPA IPB.

Yuni Eko F, Patar Jonathan S., Mahfud, dan Pantjawarni P., 2013, Pengambilan Minyak Atsiri dari Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon Winterianus) Menggunakan Distilasi Uap dan Air dengan Pemanasan Microwave, Jurnal Teknik POMITS, Vol 2 No 1, ISSN 2337-3539 (2301-9271 Print)




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0