ETNOBOTANI TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN PADA UPACARA SIPAHA LIMA MASYARAKAT PARMALIM

Hanifah Mutia Zaida Ningrum Amrul, Najla Lubis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang digunakan dalam upacara adat Parmalim, untuk mengetahui bagian tumbuhan yang digunakan, kegunaannya dan asal tumbuhan yang digunakan dalam upacara adat Parmalim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara secara mendalam (depthinterview) serta menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh berupa jenis-jenis tumbuhan, bagian tumbuhan yang digunakan, seberapa sering dan banyak tumbuhan tersebut digunakan, peranan tumbuhan tersebut. Hasil penelitian diperoleh 17 jenis tumbuhan yang digunakan pada upacara Sipaha Lima. Bagian tumbuhan yang digunakan diantaranya: batang, daun, bunga, buah dan getah. Tumbuhan tersebut diperoleh dari Hutan, Tanaman perkarangan dan dari pasar (diperoleh dengan dibeli).

 


Keywords


Etnobotani, Tumbuhan, Upacara Adat

Full Text:

PDF

References


Agustina I H., Hindersah H., Indratnodan I dan Djunaedi A. 2014. Kajian Makna Ruang Tradisi Esoterik Kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon. Prosiding SnaPP 2014 Sains, Teknologi dan Kesehatan. Volume 4 Nomor 1.

Anonim. 2007. Tentang Parmalim. www.parmalim.com. Diunggah pada tanggal 29 Oktober 2015.

Hoang S. V, Pieter Baas dan Paul J. A. K. 2008. Uses and Conservation species in a National Park (Studi kasus of Ben En Vietnam). Jurnal Economic Botany. Springerlink. Com.

Kandowangko N. Y, Margaretha S dan Jusna A. 2011. Kajian Tanaman Obat oleh Masyarakat Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Laporan Penelitian Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Rifai, M.A. 1998. Pemasakinian Etnobotani Indonesia : Suatu Keharusan demi Peningkatan Upaya Pemanfaatan, Pengembangan dan Penguasaannya. Prosiding Seminar Nasional Etnobotani III ( 5-6 Mei 1998, Denpasar-Bali) : 352-356.

Sambas E. N. 2014. Komposisi Jenis Pohon pada Hutan Sub.Pegunungan di Halmahera, maluku Utara. Prosiding SnaPP 2014 Sain, Teknologi dan Kesehatan. Volume 4 Nomor 1.

Setyowati F. M, Soedarsono R dan Siti Susiarti. 2005. Etnobotani Masyarakat Dayak Ngaju Di Daerah Timpah Kalimantan Tengah. Jurnal Teknologi Lingkungan. P3TL- BPPT. 6. (3):502-510

Singarimbun dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES. Yogyakarta.

Steenis, CGGJ van. 2013. Flora, untuk sekolah di Indonesia. PT Balai Pustaka, Jakarta.

Suswita D, Syamsuardi dan Ardinis Arbain, 2013. Studi Etnobotani dan Bentuk Upaya pelestarian tumbuhan yang digunakan dalam upacara adat kendurisko di beberapa kecamatan di Kabupaten Kerinci Jambi.Jurnal Biologika. Vol 2, No 1 Tahun 2013. Hal. 67-80




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0