WEBQUAL SEBAGAI MODEL UJI KUALITAS E-MUSRENBANG BAPPEDA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Hutrianto Hutrianto, Ade Putra

Abstract


Evaluasi kualitas e-Musrenbang pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin dilakukan dengan menggunakan instrumen webqual yang terdiri dari usability quality, information quality dan interaction quality. Webqual digunakan sebagai instrumen penilaian dikarenakan webqual menekankan penilaian sistem informasi dilihat berdasarkan sudut pandang pada pengguna akhir. Adapun hasil dari uji validitas nilai Pearson Corellation dan dengan melihat nilai Corrected Item – Total Corellation yang berada diatas 0.6 atau sama dengan 0.6 dan hasil uji reliabilitas di dapat nilai chronbach’s alpha berada diatas 0.60. Dan hasil hipotesis untuk variable usability quality di dapat koefisien korelasi 0.561 yang berarti penilaian Usability Quality (X1) memiliki hubungan atau pengaruh yang erat terhadap Overall Impression(Y), hasil hipotesis variable Information Quality (X2) koefisien korelasi 0.563 yang berarti penilaian memiliki hubungan atau pengaruh yang erat terhadap Overall Impression (Y), dan hasil hipotesis variabel Interaction Quality (X3) koefisien korelasi 0.555 yang berarti penilaian memiliki hubungan atau pengaruh yang erat terhadap Overall Impression (Y). Secara keseluruhan item pertanyaan pada masing – masing variabel yang digunakan memiliki keterkaitan dan mempengaruhi secara langsung terhadap fasilitas dan fitur – fitur yang ada pada Sistem E-Musrenbang yang telah di kembangkan dan telah mendapatkan respon yang baik dari operator pengguna pada masing – masing dinas di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin.


Keywords


Evaluasi, Kualitas, e-Musrenbang, Webqual

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A., 2011. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro edisi 3.

Anwariningsih, S. H. 2011. Multi Faktor Kualitas Website. Gaung Informatika, 4(1).

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. 2000. WebQual: an exploration of web site quality. In: Proceedings of the Eighth European Conference on Information Systems. Vienna, July 3-5, 1977.

Nazir, Muhammad, 2005. Metodologi penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Ghozali, Imam. (2002). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Singarimbun, Masri dan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0