MEMANFAATKAN PONSEL UNTUK MENGONTROL PERALATAN LISTRIK MELALUI SMS

Widi Yanto

Abstract


Penelitian ini  akan membahas mengenai Ponsel  yang dimanfaatkan untuk mengontrol dan memonitor peralatan listrik secara jarak jauh melalui SMS (Short Message Service). Peralatan listrik yang dikontrol berupa tiga buah lampu. Sistem ini dibuat, agar dapat mengurangi kerugian yang terjadi akibat kelalaian manusia atau kegagalan sebuah peralatan listrik. Dengan sistem ini diharapkan kelalaian dan kegagalan tersebut dapat diketahui dan diperbaiki secepat mungkin. Sebuah mikrokontroler MCS-51 digunakan sebagai penghubung antara ponsel dan tiga buah lampu yang dikontrol. Mikrokontroler menerjemahkan perintah SMS yang diterima ponsel untuk diteruskan ke peralatan yang dikontrol dan begitu sebaliknya, data dari sensor diubah ke bentuk SMS dan dikirimkan melalui ponsel. Data SMS diperoleh atau dikirimkan dari atau ke ponsel melalui kabel data dengan komunikasi serial yang menggunakan perintah AT. Kesalahan pada tiga buah lampu yang terjadi dapat diketahui melalui SMS dalam waktu rata-rata 11,37 detik. Sistem ini dapat mengendalikan dan memonitor suatu peralatan listrik dari manapun dan kapanpun juga.

 


Keywords


listrik, kontrol, perintah AT.

Full Text:

PDF

References


Yanuar,Perancangan dan Pembuatan Alat Pengontrol Suhu dan Peralatan Listrik Melalui Short Message Service, Surabaya : JTE-UKWMS, 2004.

A.Gunadhi dan R. Sumarno, Perancangan dan Implementasi Sistem Pengontrol Peralatan Listrik Jarak Jauh dengan Menggunakan SMS, Yogyakarta : UII, 2004.

S. Franco, Design with Operational Amplifiers and Analog Integrated Circuits, WCB/McGraw-Hill, 1998.

V. Hall, Microprocessors and interfacing: programming and hardware, Macmillan/McGraw-Hill, 1992.

Application Note, Solid State Relay and Application Circuit, SHARP Corporation, 1999.

Application Note, Power semiconductor applications, chapter 6: Power Control with Thyristors and Triacs, Philips Semiconductors, 1994.

Application Note, AN1511: Applications of the MOC2A40 and MOC2A60 Series Power Opto Isolators, Motorola Inc., 1993.

Application Note, Thyristor Device Data, chapter 1: Theory and Applications, ON Semiconductor, may-2000.

ETSI, 2003-03.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0