UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK DIDIK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MELALUI PELATIHAN TERAPI GERAK FOKUS VISUAL MOTORIK BAGI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KEMBARAN

Dyah Siti Septiningsih, Nur'aeni Nur'aeni

Abstract


Kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang terapi gerak visual motorik untuk meningkatkan konsentrasi pada anak dengan ADHD. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) memberikan pengetahuan teoritis tentang atention deficit hyperactivity disorder /ADHD, 2) memberikan pengetahuan teoritis tentang cara melayani anak didik dengan ADHD, 3) memberikan pelatihan tentang cara mendeteksi daya konsentrasi anak didik dengan ADHD, 4) memberikan pelatihan tentang terapi gerak fokus visual motorik sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi pada anak didik dengan ADHD. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru PAUD Kecamatan Sumbang dan titipan dari Kecamatan lain, Kabupaten Banyumas berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan adalah: 1) Ceramah, 2 diskusi), 3) peragaan dengan game, dan 4) pelatihan. Kegiatan pendidikan dan latihan ini berjalan dengan lancar dan berhasil. Output dari pelatihan adalah dimilikinya soft skill pada peserta yaitu perubahan perilaku dari sebelum dan sesudah pelatihan berupa kesiapan para guru PAUD untuk menerapkan terapi gerak visual motorik yang pada gilirannya dapat untuk meningkatkan konsentrasi pada anak dengan ADHD. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: 1) guru paud sangat membutuhkan pengetahuan teoritis tentang ADHD, 2) guru paud sangat membutuhkan model terapi untuk meningkatkan konsentrasi pada anak didiknya yang mengalami ADHD, 3) guru paud akan berusaha meningkatkan konsentrasi anak didik yang mengalami ADHD menggunakan terapi gerak visual motorik yang sudah didapat dari pelatihan.

Keywords


terapi gerak visual motorik, konsentrasi, atention deficit hyperactivity disorder /ADHD

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2010). Pedoman pelayanan kesehatan anak di Sekolah Luar Biasa (SLB).

Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat, Direktorat Bina Kesehatan Anak. Kementrian Kesehatan RI

Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, A. (2004). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Susilo, M. (1996). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: PT. BPFE

Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Nur'aeni. (2010). Efektifitas terapi gerak dalam menangani kesulitan belajar pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri 2 Kranji Purwokerto. Jurnal PSYCHO IDEA, 8 (2) ISSN 1693-1076

Nur’aeni. (2014). Model Program Pembelajaran Individual Untuk peserta didik dengan kesulitan belajar melalui pelatihan terapi gerak bagi Shadow Teacher Di SD

Inklusi. Prosiding SNaPP 2014 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, ISSN 2089-3590

Walgito, B. (2005). Psikologi umum. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada Press

Wiyanti, N. (2014). Penanganan anak usia dini berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Ar-Ruz - Media