Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Fairuz Amalia Fajriah, Tri Na'imah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan toleransi beragama
pada peserta didik berbeda agama kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto Tahun
Pelajaran 2015/2016. Subjek pada penelitian ini berjumlah 114 peserta didik kelas
X SMA Negeri 1 Purwokerto Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terbagi menjadi tiga
kelompok yaitu 89 peserta didik Islam, 12 peserta didik Kristen, dan 13 peserta
didik Katholik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner
dengan instrumen skala toleransi. Berdasarkan hasil dari analisis menggunakan
teknik analisis varians, diperoleh nilai F tabel 3,980 pada taraf nyata 0,05.
Sedangkan diperoleh nilai F hitung sebesar 5,926. Nilai F hitung > F tabel (5,926 >
3,980). Kemudian diperoleh nilai P (P value) sebesar 0,004. Berdasarkan hasil uji
deskriptif diperoleh mean skor toleransi beragama peserta didik Katholik ( X kat =
117,46) lebih tinggi dari skor mean toleransi beragama peserta didik Kristen ( X kris
= 116,08) dan skor mean toleransi beragama peserta didik Kristen lebih tinggi dari
toleransi beragama peserta didik Islam ( X is = 110,36).


Keywords


Toleransi, peserta didik, berbeda agama

Full Text:

PDF

References


Faridah, I. F. (2013). Toleransi Antarumat Beragama Masyarakat Perumahan. Jurnal Komunitas, 5 (1), p

-21

Hurlock,E.B. (1998). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (

terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo), Edisi 5. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Jaffary, A,. (2003). Toleransi agama dan perpaduan kaum, pandangan intelek: satu observasi ringkas.

Dalam Agama dan perpaduan kaum di Malaysia. Selangor: Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia

Jannah, F. (2014). Model Toleransi Keagamaan Remaja Muslim Pada Lingkungan Beda Agama di Dusun

Celengan Desa Lopait Kec Tuntang Kab Semarang Tahun 2014. Skripsi. Salatiga: Sekolah Tinggi

Agama Islam Negri (STAIN).

Jati, W.R., (2014), Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Multikulturalisme Siswa SMA Katolik Sang

Timur Yogyakarta, Cakrawala Pendidikan, XXXIII, 1, p 71-79.

Khambali, KH., (2008). Islam agama rahmah dan toleransi beragama: realiti dan cabaran. in. Khadijah

Mohd Khambali @ Hambali, Mohammad Kamil Hj Abdul Majid & Syed Mohd Hilmi Syed Abdul

Rahman. (eds). Isu dan cabaran hubungan antara agama di Malaysia. Kuala Lumpur: University

Malaya.

Lickona, T.S, E., & Lewis, C. (2003), CEP’s Eleven principles of effective character education.

Washington, DC: Character Education Partnership.

Muhadjir, N. (2013) Psikologi Positif; Pemodelan The High Talented For Normal People. Yogyakarta:

Rake Sarasin.

Naim, N. (2013). Membangun Toleransi dalam Masyarakat Majemuk: Telaah Pemikiran Nurcholis

Madjid. Jurnal Harmoni, 12 (2), 31-42.